Selamat Datang di Ibu Kota Baru, Kampung Halaman Kita!

Jelajah Ibu Kota Baru

Selamat Datang di Ibu Kota Baru, Kampung Halaman Kita!

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 18 Sep 2019 07:04 WIB
Penajam Paser Utara (Rakhmad H Permana/detikcom)
Penajam Paser Utara (Rakhmad H Permana/detikcom)
Penajam Paser Utara - Filsuf Damardjati Supadjar pernah berujar soal pemindahan ibu kota, bahwa ibunya kota adalah desa. Kini Indonesia benar-benar menatap ibu kota baru yang belum berwujud kota besar. Ibu kota baru itu adalah 'kampung'.

Benuo Taka, begitulah julukan dari Kabupaten Penajam Paser Utara. 'Benuo taka' dalam Bahasa Paser berarti 'kampung halaman kita'. Sebagian besar kawasan ibu kota Indonesia nantinya bakal berada di Kawasan PPU, begitu Penajam Paser Utara biasa disingkat.



"Ibu kota negara baru paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8) lalu.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyebut lebih rinci hingga ke calon kelurahan. Ada dua kecamatan yang jadi calon ibu kota negara, yakni Sepaku (1.172,35 km2) di PPU dan Samboja (1.045,90 km2) di Kukar. Bahkan Isran menyebut nama Kelurahan, yakni Semoi Dua di Sepaku, PPU.



Titik lokasi ibu kota baru ini semakin dikuatkan oleh Bupati PPU, Abdul Gafur Mas'ud, beberapa waktu lalu. Ibu kota baru itu sebagian besar akan ada di PPU. Hanya saja ia tak memperinci letak istana negara itu.

"Bapak menteri juga mengatakan bahwa sebagian besar, bahkan lokasi nanti titik Istana (Negara) itu ada di Penajam Paser Utara," kata Abdul kepada wartawan di Hotel Tara Yogyakarta, Kamis (29/8).


Berbekal dari informasi tersebut, detikcom pun akhirnya memutuskan untuk mencari tahu lebih dalam soal wilayah ibu kota baru itu, detikcom membentuk tim Jelajah Ibu Kota Baru yang terdiri dari lima orang. Kami berusaha mencari tahu semua seluk beluknya.



Tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta menuju Bandara, Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan pada 5.55 WIB, Senin (9/9/2019). Tepat pukul 8.00 WIB kami menjejakkan kaki di bandara yang akan jadi gerbang pertama untuk masuk ke Ibu Kota Baru. Selamat datang, di pintu gerbang ibu kota baru!

Simak laporan Jelajah Ibu Kota Baru, hanya di detikcom. (rdp/dnu)