detikNews
Rabu 18 September 2019, 04:53 WIB

Sebaiknya Tak Malas, Ini 5 Amalan Pagi Pembuka Pintu Rezeki

Lusiana Mustinda - detikNews
Sebaiknya Tak Malas, Ini 5 Amalan Pagi Pembuka Pintu Rezeki Foto: istock
Jakarta -

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam setiap pagi tak lupa memanjatkan doa untuk umatnya. Doa dan Amalan di pagi hari menambah keberkahan pintu rezeki. Doa itu berbunyi:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Artinya: "Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka." (HR. Tirmidzi).



Pesan dalam doa tersebut supaya umat manusia tidak bermalas-malasan di pagi hari. Beraktivitas di pagi hari akan menambahkan keberkahan rezeki. Sehingga sayang bila selepas salat subuh tidur lagi. Lebih baik lakukan aktivitas yang mendatangkan banyak pahala serta membuka pintu rezeki.


Ini 5 amalan pagi hari yang bisa dilakukan.

1. Berzikir

Zikir bisa membuat segala sesuatu yang kita kerjakan di pagi hari lancar. Zikir bisa dilakukan mulai dari waktu subuh hingga terbitnya fajar.

Tentang zikir di pagi hari, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا * وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang." [QS. Al-Ahzaab : 41-42].

2. Membaca Alquran

Amalan pagi hari menurut Islam adalah membaca Alquran. Ketika pagi hari setelah Subuh, suasana juga makin tenang sehingga bisa lebih fokus membaca Alquran.

Selain itu, penghafal Alquran juga memanfaatkan waktu subuh untuk melakukan muroja'ah atau mengulang hafalan.

3. Membersihkan Diri

Bangun tidur dan salat Subuh kemudian beraktivitas. Amalan di pagi hari sesuai sunnah adalah dengan menyegerakan diri untuk mandi. Dari segi kesehatan, mandi pagi juga bisa membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan produksi sel darah putih serta meningkatkan kesuburan.

4. Beramal

Diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda;

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا ، وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَىْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ

Artinya: "Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan. Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh). Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya. Perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu berterusan . Lakukanlah ibadah (secara berterusan) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam." [HR. Bukhari no. 39]

5. Salat Dhuha

Salat dhuha jadi amalan pagi yang bisa membuka pintu rezeki. Salat yang hukumnya sunnah muakkad ini selalu dilaksanakan oleh rasulullah.

Sebagaimana diriwayatkan Muslim, dari hadits Aisyah radhiallahu anha, dia berkata;

( كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا ، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ )

"Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya."




(lus/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com