detikNews
Selasa 17 September 2019, 21:34 WIB

49 Siswi Keracunan Ikan Tongkol di Simalungun

Budi Warsito - detikNews
49 Siswi Keracunan Ikan Tongkol di Simalungun 49 Siswi di Simalungun Keracunan (Foto: Istimewa)
Medan -

Sebanyak 49 orang siswi di Asrama Putri GKPS Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) mengalami keracunan setelah mengonsumsi ikan tongkol. Para korban segera dibawa ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan penanganan.

Hingga Selasa (17/9/2019) malam, masih ada 16 siswa yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuan Rondaihaim di Simalungun. Sedangkan yang lainnya sudah diizinkan pulang.

"Korban keracunan seluruhnya ada empat puluh sembilan orang," kata Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP M Agustiawan saat dikonfirmasi.



Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Simalungun Edwin Toni Simanjuntak menyatakan, kasus keracunan itu diketahui terjadi siang tadi. Para siswi SMP dan SMA yang tinggal di asrama sekolah swasta tersebut mendapatkan makan siang dengan lauk ikan tongkol.

Diduga karena ikan tongkol itu kondisinya sudah tidak baik, maka siswa menjadi keracunan. Namun untuk memastikan penyebab keracunan ini, pihaknya segera mengirimkan sampel makanan tersebut ke Laboratorium Kesehatan di Medan.

"Sampel sudah dikirimkan ke Medan," tandasnya.


(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com