Bripka Eka Nemplok di Mobil, Kapolda Metro Ingatkan soal Keselamatan

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Selasa, 17 Sep 2019 17:32 WIB
Bripka Eka Setiawan (Grandyos Zafna/detikcom)
Bripka Eka Setiawan (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Purnomo mengapresiasi aksi Bripka Eka Setiawan yang naik ke kap mobil untuk menghentikan pelanggar lalu lintas. Namun Gatot memperingatkan aksi itu sangat bahaya.

"Kapolda sampaikan apresiasi, tapi jangan diulangi lagi, itu rawan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Argo mengatakan Bripka Eka sempat diundang ke ruangan Kapolda pada pagi tadi. Kapolda ingin mengetahui kronologi kejadian itu dari Bripka Eka secara langsung.

Setelah mendengarkan penjelasan Bripka Eka, Gatot mengimbaunya untuk tidak mengulangi aksi serupa. Sebab, hal itu sangat membahayakan nyawa anggota tersebut.

"Kemudian kepada anggota yang lain jangan diikuti ya, karena itu kalau misalnya tidak kuat tangannya nanti kalau dilakukan pengereman mendadak oleh pelaku itu bisa jatuh," ungkap Argo.

Selain itu, Argo mengatakan pihaknya akan memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada Bripka Eka. Penghargaan itu disebutnya masih akan dikaji oleh pihaknya.




"Nanti masalah penghargaan itu nanti dibicarakan dengan Karo SDM yang berperan nanti seperti apa. Nanti dirumuskan nanti akan diberikan oleh Kapolda seperti apa bentuknya ya," jelas Argo.

Diketahui, aksi viral itu terjadi di Jalan Raya Pasar Minggu, Jaksel, pukul 14.30 WIB, Senin (16/9) lalu. Saat itu Eka bersama petugas gabungan dari Dishub Jaksel melaksanakan razia parkir di bahu jalan.

Eka hendak menertibkan mobil yang dikemudikan Tavpuddin yang parkir di bahu jalan dan meminta pelaku menunjukkan surat-surat kelengkapan berkendara. Namun Tavipuddin tidak kooperatif dan mencoba melarikan diri.

Bripka Eka menghalangi mobil Tavipuddin agar tidak kabur. Namun dia diseruduk oleh Tavipuddin hingga dia nemplok di kap mobil hingga terbawa sejauh 200 meter.

Tavipuddin bersama sang istri sudah meminta maaf langsung kepada Eka. Eka juga sudah memaafkan aksi Tavipuddin. Eka juga mencabut laporannya.

(sam/mea)