detikNews
Selasa 17 September 2019, 14:43 WIB

Tim KLHK Tangani Kebakaran TPA Antang Makassar, Suntikkan Flame Freeze

Hermawan Mappiwali - detikNews
Tim KLHK Tangani Kebakaran TPA Antang Makassar, Suntikkan Flame Freeze Tim Manggala Agni KLHK Daops Gowa, Sulsel, ikut membantu pemadaman kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Makassar. (Hermawan M/detikcom)
Makassar - Tim Manggala Agni KLHK Daops Gowa, Sulsel, ikut membantu pemadaman kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Makassar. Petugas memadamkan api di kedalaman sampah dengan menginjeksi cairan kimia flame freeze (racun api).

Kepala Manggala Agni Gowa Ishak Andi Kunna mengatakan flame freeze lebih dulu ditampung di bak berdiameter 2 meter. Petugas kemudian mencampurkan 5 kubik air dari armada Damkar Makassar.

Hasil campuran cairan flame freeze lalu diinjeksi ke dalam tanah dengan alat nozzle tanam.




"Jadi kita suntikkan ke dalam tanah sedalam 2-3 meter. Ini memang spesialis pemadaman kebakaran tipe bawah tanah, memang mempercepat proses padamnya api di kedalaman sampah, di dalam kan banyak gas metan," kata Ishak saat ditemui di lokasi, Selasa (17/9/2019).

Sementara itu, Sekretaris Damkar Makassar Hasanuddin mengatakan kebakaran dari kedalaman sampah di TPA Antang membuat api sulit dipadamkan hingga tuntas.

"Jadi sekarang kita kerja sama. Jadi mereka fokus padamkan api dari dalam bawah tanah, sedang kami fokus pendinginan dari permukaan," kata dia.



Simak Video 15 jam Kebakaran di TPA Makassar:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com