detikNews
Selasa 17 September 2019, 13:45 WIB

Cek Karhutla di Merbau Riau, Jokowi: Jika Dilihat Ini Terorganisasi

Andhika Prasetia - detikNews
Cek Karhutla di Merbau Riau, Jokowi: Jika Dilihat Ini Terorganisasi Presiden Jokowi saat meninjau lokasi karhutla di Merbabu, Riau (Foto: Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Riau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di Merbau, Riau. Jokowi menekankan pentingnya upaya pencegahan terhadap karhutla.

Saat tiba di Desa Merbau, Kabupaten Pelalawan, Riau, dengan helikopter Super Puma TNI AU, masyarakat yang hadir menyambut Jokowi. Jokowi sempat menyapa para warga.

Jokowi kemudian melihat lokasi karhutla didampingi Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hingga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Lokasi hutan yang ditinjau Jokowi tampak hangus terbakar.

Lokasi ini berada di atas lahan gambut. Para petugas tengah berupaya memadamkan api.


Setelah meninjau, Jokowi menyebut ada aparat yang berjibaku lebih dari sebulan menangani karhutla. Oleh sebab itu, ia menekankan pentingnya upaya pencegahan.

"Pencegahan itu lebih efektif. Tidak membutuhkan biaya banyak. Tapi kalau sudah kejadian seperti kita lihat sekarang ini, ini sudah kerja luar biasa. Ini tadi saya tanya TNI-Polri di sini sudah berapa hari? Sudah lebih dari satu bulan," ujar Jokowi di lokasi, Selasa (17/9/2019).

Jokowi menduga karhutla di Merbau disengaja dilakukan dan terorganisasi.

"Kalau kita lihat luasannya besar sekali, ini terorganisasi. Nanti Polri coba tanyakan ke Kapolri penanganannya secara detail seperti apa. Sekali lagi pencegahan oleh desa, camat, bupati, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek, Koramil, adalah yang pertama harus dilakukan. Pencegahan," ujar Jokowi.


Jokowi menyebut peristiwa ini sudah ditangani Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Sudah ditangani langsung oleh Polri maupun KLH, nanti kita lihat sebetulnya ini kesengajaan yang terorganisasi atau memang rakyat yang ingin berkebun," ucap Jokowi.
(dkp/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com