detikNews
Selasa 17 September 2019, 12:20 WIB

Dishub Pastikan Jalur Sepeda yang Akan Diluncurkan Anies Aman untuk Gowes

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Dishub Pastikan Jalur Sepeda yang Akan Diluncurkan Anies Aman untuk Gowes Jalur sepeda di Jakarta. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera mengumumkan soal jalur sepeda pekan ini. Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan jalur tersebut aman bagi pesepeda.

"Ada marka, ada cone, semuanya lengkap. Aman," kata Syafrin di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

Syafrin enggan membeberkan mana saja jalur sepeda yang akan diresmikan. Dia masih menunggu arahan dari Anies.

"Nanti Jumat (20/9) kita akan ramai-ramai gowes, ada Pak Gubernur, CEO ITDP, kan luar biasa, beliau jauh-jauh dari Jerman datang untuk menyaksikan program Jakarta Ramah Bersepeda yang mulai kita giatkan tahun ini," tuturnya.


Sebelumnya, Anies meminta kantor-kantor di Jakarta menyiapkan fasilitas mandi untuk para pegawainya yang menggunakan sepeda.

"Sedang, sekarang sedang dibangun jalur sepeda lebih banyak. Kemudian juga tempat parkir. Dan anjuran kepada kantor-kantor untuk menyiapkan tempat parkir serta tempat untuk bilas atau mandi," kata Anies di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (8/9).

Menurut Anies, saat ini fasilitas kamar mandi di kantor-kantor Jakarta hanya sampai level pejabatnya yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Dia mendorong setiap kantor di Jakarta juga memberikan fasilitas yang cukup untuk para pegawai.

"Yang sekarang banyak menggunakan sepeda para profesional papan atas atau para pejabat. Karena ruang-ruang mereka punya kamar mandi. Sehingga setelah selesai bersepeda, berkeringat, mudah berganti," ujar Anies.


"Tapi bagi pegawai umumnya, tidak ada fasilitas yang cukup. Karena itu, kita harus dorong banyak yang punya tempat parkir dan kamar mandi, jadi siapa saja bisa naik sepeda," tambahnya.
(fdu/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com