detikNews
Selasa 17 September 2019, 10:14 WIB

Kabut Asap di Babel Makin Parah, Warga Diimbau Pakai Masker

Tim detikcom - detikNews
Kabut Asap di Babel Makin Parah, Warga Diimbau Pakai Masker Kabut asap di Pangkalpinang Babel. (Antara Foto)
Jakarta - Kabut asap kiriman dari kebakaran hutan di Kalimantan menyelimuti Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Warga yang ingin beraktivitas di luar rumah diimbau memakai masker.

"Saat ini asap dari Sumatera dan Kalimatan sudah mulai menyelimuti Pulau Bangka Belitung dan diharapkan masyarakat menggunakan masker untuk mencegah berbagai penyakit akibat asap tersebut," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, yang dikutip dari Antara, Selasa (17/9/2019).

Dia mengatakan, untuk mengurangi asap karhutla (kebakaran hutan dan lahan) itu, masyarakat, khususnya petani, tidak boleh lagi membakar lahan secara sembarangan. Menurutnya, hal itu akan memperparah kabut asap yang mengganggu pernapasan dan aktivitas masyarakat.



"Kita berharap masyarakat menggunakan masker dan tidak lagi membuka kebun dengan membakar," katanya.

Dia mengatakan karhutla bukan karena ulah masyarakat saja, tapi juga dari hal-hal lain. Dia mencontohkan botol dalam kemasan yang masih ada airnya kemudian terkena sinar matahari bisa mengakibatkan panas dan terbakar, lalu terbakarnya lahan kering itu juga bisa menyebabkan kebakaran dalam area yang lebih luas.


Soal Karhutla, Jokowi Semprot Aparat Daerah:

[Gambas:Video 20detik]




(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com