detikNews
Selasa 17 September 2019, 09:25 WIB

Pencari Suaka yang Kembali ke Kebon Sirih Duduki Trotoar

Rolando Fransiscus - detikNews
Pencari Suaka yang Kembali ke Kebon Sirih Duduki Trotoar Pencari suaka duduki trotoar Kebon Sirih (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Pencari suaka kembali menempati trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Mereka duduk-duduk dengan beralaskan tikar dan beraktivitas di trotoar di sepanjang Jalan Kebon Sirih.

Pantuan detikcom, di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019), pukul 08.50 WIB para pencari suaka menempati trotoar sebelah kanan jalan yang mengarah ke Tugu Tani. Mereka berada di sekitaran Gedung Menara Ravindo yang merupakan kantor UNHCR.

Aktivitas mereka pada pagi hari ini berbincang dengan dengan sesama pencari suaka. Sesekali di antara mereka menyantap kudapan dan minuman dari sebuah teko.



Tenda mereka yang sejak semalam didirkan sudah tidak ada lagi. Di antara mereka ada yang membentang tali jemuran, namun Satpol PP meminta mereka untuk menurunkan jemuran tersebut.

Satpol PP yang tiba pun meminta kepada pencari suka yang sedikit menjorok ke taman agar meninggalkan taman. Petugas Satpol PP pun membantu memindahkan barang pencari suaka dari taman ke trotoar.

"Selamat pagi, salam sejahtera. Bagi yang menempati taman, agar meninggalkan taman," ujar salah seorang petugas Satpol PP dari dalam mobil patroli menggunakan pengeras suara.



Nampak ada sekitar 9 anak kecil dan 29 orang dewasa pencari suaka. Para anak kecil tersebut nampak bermain, ada pula yang masih tertidur.

Sementara itu, pejalan kaki yang melintasi trotoar sesekali memandangi para pencari suaka dan memelankan jalannya. Sedangkan lalu lintas di Jalan Kebon Sirih lancar menuju arah Tugu Tani.

Diketahui pencari suaka kembali ke Jalan Kebon Sirih sejak Senin malam (16/9). Para pencari suaka mendirikan tenda untuk tempat tidur mereka.



Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan menelepon Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita soal kembalinya pencari suaka ke Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Anies akan memastikan lokasi baru untuk pencari suaka yang pernah dibicarakan dengan Mensos.

"Yah ini memang terjadi di wilayah Jakarta. Wewenang ada di pemerintah pusat. Saya akan telepon Pak Mensos karena pak Mensos waktu itu sudah siapkan tempat di (Jakarta) timur, Cilangkap itu. Ada tempat Kemensos punya tempat di sana," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (16/9).


Anies: Pemerintah Pusat Cari Solusi Tempat Bagi Pencari Suaka

[Gambas:Video 20detik]


(mae/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com