detikNews
Selasa 17 September 2019, 07:34 WIB

Asap Masih Pekat, Jarak Pandang di Riau 500 Meter

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Asap Masih Pekat, Jarak Pandang di Riau 500 Meter Foto: CFD di Pekanbaru dikepung kabut asap (Chaidir-detikcom)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Pekanbaru - Asap pekat masih menyelimuti wilatah Riau imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hari ini titik panas masih terpantau dan jarak pandang hanya 500 meter.

BMKG Pekanbaru, Selasa (17/6/2019) merilis masih ditemukannya sebaran api di Riau. Pada level confidence 70 persen, ditemukan 41 titik panas.

Sebaran titik panas ini ada di Kabupaten Bengkalis 1, Kampar 1, Dumai 6, Kuansing 1, Pelalawan 7, Rokan Hilir 23, Inhil 2.

Jarak pandang terparah saat ini ada di Kabupaten Pelalawan dan Inhu hanya 500 meter. Selanjutnya di Pekanbaru juga terbatas maksimal 800 meter pagi ini.


Untuk Kota Dumai terpaut 200 Km arah utara dari Pekanbaru jarak pandang juga terbatas di bawah 1 Km. Jarak pandang yang terbatas ini akibat asap.

"Berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel karing seperti asap dan haze," kata staf analisis BMKG Pekanbaru, Sanya.


BMKG juga mengingatkan, untuk waspada terhadap penurunan kualitas udara dan jarak pandang akibat peningktan polusi udaea yang berasal dari Karhutla.

"Malam hari ini juga berpotensi jarak pandang menurun akibat asap dan haze," kata Sanya.


Penanganan Asap Lamban, Mahasiswa Minta Gubernur Riau Mundur:

[Gambas:Video 20detik]




(cha/aan)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com