detikNews
2019/09/17 07:03:36 WIB

Padamkan Karhutla, Tim Gabungan Temukan Jejak Harimau di Pelalawan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Halaman 1 dari 2
Padamkan Karhutla, Tim Gabungan Temukan Jejak Harimau di Pelalawan Tim gabungan berupaya memadamkan karhutla. Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom
Pekanbaru - Inilah kisah menyeramkan dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Riau. Tim gabungan menemukan jejak harimau.

Tim ini terdiri anggota Polsek Pelalawan, TNI setempat, Regu Pemadam PT Riau Andalan Pulp and Paper. Jumlah mereka tak lebih dari 15 orang. Mereka ini melakukan pemadaman di lahan masyarakat yang terbakar. Lokasi kebakaran ini cukup jauh dari akses jalan desa. Akses jalan sangat susah sekali.

Tim ini berkemah di dalam perkebunan sawit. Jarak lokasi kebakaran dari posko kemah tim gabungan ini ada 1 Km. Mereka berjalan kaki untuk mendapat lokasi yang terbakar. Seluruh peralatan pemadaman diangkut secara manual. Mereka harus menggotong mesin air dari kemah ke lokasi pemadaman. Usai memadamkan, mereka kembali istirahat dan tidur di kemah. Seluruh peralatan tetap hari harus dibawa pulang ke kemah.


Pantauan detikcom yang mengunjungi lokasi ini, terlihat ada alat berat yang bekerja di sana. Tim bekerja dari pagi hari, hingga sore pukul 17.00 WIB. Mereka tidak akan berani melewati batas waktu tersebut. Karena sore hari asap akan turun dan suasana menjadi gelap.

Tim menyebut menemukan jejak harimau.Tim menyebut menemukan jejak harimau. Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom

Selain itu, yang membuat merinding di lokasi ini, tim gabungan menemukan jejak harimau di sekitaran lokasi kebakaran. Jejak 'Raja Hutan' ini dari kawasan yang terbakar memasuki perkebunan sawit milik warga.

"Silakan tengok lokasi yang terbakar, ini lahan milik masyarakat apinya masuk juga ke kawasan hutan. Tapi jangan lewat jam lima ya, lokasi ini rawan. Ada jejak harimau," kata Kapolsek Pelalawan, Ipda Zulmaheri, saat ditemui detikcom di lokasi pada Senin 16 September 2019.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com