detikNews
Senin 16 September 2019, 21:44 WIB

Sempat Belajar Lesehan, SDN Pekayon Jaya 3 Bekasi Kini Punya Meja-Kursi

Isal Mawardi - detikNews
Sempat Belajar Lesehan, SDN Pekayon Jaya 3 Bekasi Kini Punya Meja-Kursi Foto: Siswa kini belajar dengan meja dan kusi (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - SDN Pekayon Jaya 3 sempat jadi perbincangan karena siswanya diketahui belajar secara lesehan sejak 2017. Kini, para siswa dapat belajar secara normal karena punya meja dan kursi.

Wali Kelas 6B, Deni Hilmana, mengatakan sebanyak 6 kelas di SDN Pekayon Jaya 3 telah dilengkapi 240 meja dan kursi. Di antaranya yakni kelas 1b, kelas 2a, kelas 2b, kelas 5b, kelas 6a, kelas 6b, yang mana sebelumnya kelas-kelas tersebut belum dilengkapi meja dan kursi.

"Dari Hari Minggu tanggal 15 September jam 5 sore. Prosesnya karena pengiriman banyak, sampai beres-beres kita itu sampai jam 3 pagi (16/9)," ujar Deni ketika ditemui di SDN Pekayon 3, Senin (16/9/2019).

Pantauan detikcom, sejumlah kelas di SDN Pekayon 3 Bekasi, Jalan Laskar Dalam No 39 RT 04 RW 24 Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, tampak terisi bangku dan meja. Dalam kelas 6B, terlihat 40 meja dan kursi. Meja-kursi tersebut terbuat dari kayu dan rangka besi.

Sejumlah siswa tampak duduk dan bercanda di kelas. Suasana kelas cukup bersih dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

Deni mengatakan meja dan kursi-kursi itu diangkut dengan menggunakan 3 truk pada Minggu (15/7) sore. Meja dan kursi itu dikirim oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Para siswa pun senang karena sudah tidak belajar lesehan. Deni mengatakan kegiatan belajar pagi ini berjalan kondusif.

"Sudah berjalan dengan normal sudah berjalan dengan lancar, sudah kondusif, kata anak-anak sudah layak, sekarang tidak lagi duduk di bawah. Anak-anak senang semua, biasanya keluar masuk, (sekarang) di kelas mah diam aja," ujar Deni.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah, mengatakan meja dan kursi itu bekas dari sekolah-sekolah lain yang di-merger. Meja dan kursi dipilih yang kondisinya masih layak.

"Iya dari merger sekolah yang SD, yang masih lebih, tarik aja satu dua tiga, pakai dulu," kata Inay saat dihubungi.

Inay tidak menjelaskan meja dan kursi itu dari sekolah mana. Ia mengatakan, Disdik Kota Bekasi telah menyiapkan meja dan kursi yang baru untuk SDN Pekayon Jaya 3, namun pengadaanya pada Oktober 2019.

"Paling lambat Oktober sudah selesai (pengadaan meja dan kursi) yang baru, kalau yang ini (meja kursi bekas) kan yang lama, yang baru mah belum. Jadi gini kalau misal yang baru ada turun, yang baru dikasih, yang lama dibalikin lagi kembali ke (sekolah) semula di tempat merger yang lebih-lebih," ujar Inay.

Langkah ini dilakukan Disdik Kota Bekasi untuk menangani permasalahan secara sementara hingga meja dan kursi yang baru dapat dikirim ke SDN Pekayon Jaya 3.

"Iya prosesnya gitu sempet ramai. Sebenernya lagi diperbaiki akhirnya semalam kita ambil langkah, udah kita percepet 24 jam. Mengatasi permasalahan supaya cepet tuntas," lanjutnya.



(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com