detikNews
Senin 16 September 2019, 16:31 WIB

Penerbangan di Bandara Yogyakarta Sempat Terganggu Imbas Karhutla Kalimantan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Penerbangan di Bandara Yogyakarta Sempat Terganggu Imbas Karhutla Kalimantan Ilustrasi kabut asap (Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Yogyakarta - Kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan berdampak pada jadwal penerbangan di Yogyakarta, khususnya di Bandara Adi Sucipto. Pesawat yang berangkat dari ataupun ke Kalimantan harus mengalami keterlambatan penerbangan.

"Dua penerbangan, terutama dari daerah yang terdampak asap ke Adi Sucipto, kalau YIA masih aman," ujar General Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Yogyakarta, Agus Pandu Purnama saat ditemui di Kantor Helpdesk AP I, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Senin (16/9/2019).



Dia mengatakan efek kabut asap pekat akibat karhutla di Kalimantan berdampak luar biasa pada jadwal penerbangan. Ada pesawat yang harusnya berangkat tadi malam namun baru bisa terbang tadi pagi gara-gara asap di Kalimantan.

"Dampaknya (asap karhutla) cukup, cukup luar biasa, terutama dari destinasi yang terdampak ya di Kalimantan. Sehingga tadi malam saja kami ada extend beberapa pesawat yang jurusan dari luar, terutama Kalimantan ke Bandara Adi Sucipto baru tadi pagi diberangkatkan, harusnya kemarin sore atau tadi malam," katanya.

"Tapi di-delay karena memang pesawat belum datang, saya sempat tanya kok belum datang (pesawatnya) ternyata di sana (Kalimantan) close, tidak bisa diterbangkan," imbuh Pandu.



Pandu mengatakan kejadian serupa juga terjadi hampir di seluruh bandara. Menurutnya, hal itu karena menyangkut masalah keamanan penerbangan.

"Saya kira karena di dunia penerbangan ya, setiap ada kejadian menyangkut visibility maka ini akan berdampak, bukan hanya di (Bandara) Adi Sucipto ADS saja, tapi hampir seluruh bandara terdampak seperti delay," ucapnya.


Simak juga video "Jokowi Didesak Bertindak Cepat Atasi Kebakaran Hutan & Lahan":

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com