detikNews
2019/09/16 13:40:27 WIB

Bowo Sidik Akui Dapat Duit dari PT HTK: Rp 1 Miliar untuk Dapil

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bowo Sidik Akui Dapat Duit dari PT HTK: Rp 1 Miliar untuk Dapil Persidangan Indung saat Bowo Sidik jadi saksi. (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Anggota DPR, Bowo Sidik Pangarso, mengakui dirinya menerima uang dari PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK). Uang tersebut, kata Bowo, digunakan untuk bantuan ke daerah pemilihan (dapil) Bowo Sidik pada Pileg 2019.

Awalnya, Bowo mengaku membantu PT HTK mendapatkan kontrak kerja dengan PT Pupuk Logistik Indonesia (Pilog) atas sewa kapal. Kemudian uang yang diterima atas kontrak kerja sama itu diserahkan melalui Direktur Keuangan PT Inersia Ampak Engineers Indung Andriani.



"Yang Rp 1 miliar itu memang niatnya untuk bantuan dapil, jadi kami gunakan untuk dapil," kata Bowo Sidik ketika bersaksi dalam sidang dugaan suap dengan terdakwa Indung di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Bowo, yang juga menjabat Komisaris Utama PT Inersia Ampak Engineers, mengaku hanya sekali menerima uang dari Asty Winasty selaku General Manager Komersial PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) di Hotel Mulia. Selebihnya, Asty menyerahkan uang kepada Indung yang selalu mencatatnya.

"Bu Indung tidak pernah menyimpan, pokoknya setelah terima uang itu dicatat diserahkan ke saya. Jadi (Indung) tidak menerima," kata Bowo.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com