detikNews
Senin 16 September 2019, 10:46 WIB

Kabut Asap Masih Pekat, Penerbangan di Bandara Supadio Kalbar Belum Normal

Tim detikcom - detikNews
Kabut Asap Masih Pekat, Penerbangan di Bandara Supadio Kalbar Belum Normal Kabut asap menyelimuti Bandara Supadio. (Antara Foto)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Pontianak - Kabut asap masih menyelimuti Kalimantan Barat, termasuk Bandara Internasional Supadio di Kubu Raya, pagi ini. Sejumlah penerbangan yang menuju Pontianak belum diizinkan mendarat.

"Jarak pandang yang ada masih di bawah jarak batas aman penerbangan. Jarak pandang yang aman minimal 1.000 meter," ujar Plt Kadiv Operasional Bandara Internasional Supadio Pontianak, Didi Herdiansyah, yang dilansir dari Antara, Senin (16/9/2019).



Ia menyebutkan, sampai pukul 08.00 WIB, seharusnya sudah ada empat penerbangan kedatangan mendarat di Bandara Internasional Supadio Pontianak. Namun semua jadwal itu ditunda sampai kondisi kembali normal.

"Namun karena jarak pandang rendah atau turun karena kabut asap hingga kini belum ada pendaratan. Bahkan ada beberapa penerbangan sebelumnya telah mengajukan pembatalan dan tidak ada jadwal penerbangan ke sini karena alasan cuaca," jelas dia.



Sejauh ini untuk keberangkatan sendiri baru satu penerbangan saja, yakni maskapai Garuda Indonesia rute Pontianak -Jakarta. Penerbangan itu dilakukan tadi pagi pada pukul 06.34 WIB.

"Penerbangan G501 rute Pontianak-Jakarta dilakukan pukul 06.34 WIB," kata dia.

Pada Minggu (15/9) kemarin, sejak pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, ada 37 penerbangan yang terdampak berupa pembatalan penerbangan, yang terdiri keberangkatan sendiri terdapat 19 penerbangan dan 18 penerbangan yang akan datang batal.
(rvk/asp)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com