detikNews
Senin 16 September 2019, 10:28 WIB

Canangkan Gerakan Indonesia Bersih, Iriana Singgung Sampah di Kali Bahagia

Isal Mawardi - detikNews
Canangkan Gerakan Indonesia Bersih, Iriana Singgung Sampah di Kali Bahagia Foto: Iriana Jokowi Canangkan Gerakan Indonesia Bersih (Isal Mawardi)
Bekasi - Ibu Negara Iriana Jokowi meresmikan gerakan 'Indonesia Bersih'. Menurut Iriana, membuat kampung atau sungai menjadi bersih itu sangat sederhana sekali.

"Sebetulnya sederhana sekali untuk bagaimana kampung jadi bersih, jalan jadi bersih, sungai jadi bersih itu sederhana," ujar Iriana saat meresmikan Gerakan Indonesia Bersih.

Kegiatan itu digelar di Kampung Pulo Timaha, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Senin (16/9/2019). Acara ini dihadiri oleh istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Kamil dan sejumlah tokoh masyarakat Bekasi.

Dalam sambutannya, Iriana menyampaikan pesan agar masyarakat rajin bersih-bersih. Menurut Iriana, membuat lingkungan bersih itu sesederhana perilaku kita dalam menjaga lingkungan.

"Kalau ada sesuatu yang ada di kali terutama yang plastik kita bisa mengambil kok, dengan sederhana sekali, jadi jangan sungkan mengambil apapun di jalan," imbuh Iriana.









Kesadaran setiap individu untuk tidak membuang sampah sembarangan, maka akan tercipta lingkungan yang bersih. Iriana pun menyinggung soal sampah yang menumpuk di Kali Bahagia, Bekasi

"Ditampung atau apa ambil lah dan masukkan ke sampah, nanti nggak akan bisa menumpuk kayak di--namanya sudah bagus ya--Kali Bahagia, mengapa kita melihat sampah kayak gitu kenapa tidak bahagia," tutur Iriana.

Di akhir sambutan, Iriana mengajak masyarakat dan kader Posyandu untuk sadar dalam menjaga kebersihan.

"Mulai sekarang kita beri kesadaran kepada semuanya terutama pada Posyandu dan tokoh masyarakat, bapak RS sederhana saja itu saja," ungkapnya.

Soal sampah di Kali Bahagia, Iriana pun mewanti-wanti agar Kali Bahagia sudah bersih dari sampah.

"Lokasi 'Kali busa Bahagia' di mana? Nanti bertemu di Sungai Bahagia, kalau saya lewat, harus bahagia, bahkan sudah bersih. Dengan mengucap Bismillahirohmannirahim 'Gerakan Aksi Indonesia Bersih' resmi dibuka," tutupnya.


(isa/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com