detikNews
Senin 16 September 2019, 09:43 WIB

Sudah 2 Pekan, Karhutla di Sulteng Masih Belum Padam

Mohammad Qadri - detikNews
Sudah 2 Pekan, Karhutla di Sulteng Masih Belum Padam Foto: dok. Istimewa
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Palu - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi di wilayah pegunungan Malewa, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah (Sulteng). Kebakaran ini sudah terjadi selama dua pekan.

"28 hektare yang terbakar sejak dua pekan lalu yang tersebar di wilayah Kecamatan Tojo di perkirakan seluas 13 hektare dan Kecamatan Tojo Barat di perkirakan seluas 15 hektare," kata Kapolsek Tojo AKP Petrus Matasik, Senin (16/9/2019).



Saat ini personel gabungan TNI/Polri masih bersiaga di lokasi untuk memadamkan api. Masyarakat setempat juga ikut membantu.

Selain itu, salah satu relawan PMI, Ibrahim Hiola, mengatakan api mulai mengarah ke permukiman warga. Dia menyebut warga dan relawan berusaha untuk memadamkan api yang mengarah ke lingkungan mereka.

"Kebakaran tadi malam tersebar di sejumlah titik, ada sekitar dua titik itu besar apinya, namun masyarakat dan teman relawan berupaya memadamkan api yang mengarah ke pemukiman warga agar tidak merembet," ujar Ibrahim.



Sebelumnya, karhutla juga terjadi di enam desa yang terdapat di dua kecamatan di Kabupaten Tojo Una Una (Touna), Sulteng sejak Senin (9/9). Kebakaran itu terjadi gara-gara puntung rokok.

"Kebakaran terjadi gegara puntung rokok, yang dibuang ke lahan kering. Kebakaran masih terjadi hingga saat ini, dan upaya untuk memadamkan masih terus dilakukan oleh TNI/Polri dan Pemadam Kebakaran Poso dan Touna," ungkap Kapolres Touna AKBP Boyke Karel pada Selasa (10/9).



TNI Akan Bikin Hujan Buatan Atasi Karhutla di Riau:

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com