detikNews
Minggu 15 September 2019, 22:20 WIB

Round-Up

Habis Ramai Selfie di Makam Habibie, Terbitlah Imbauan

Tim detikcom - detikNews
Habis Ramai Selfie di Makam Habibie, Terbitlah Imbauan Foto: Makam Habibie-Ainun dipenuhi bunga (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Makam Presiden RI ke-3, BJ Habibie, sempat ramai dikunjungi peziarah sembari dijadikan tempat ber-selfie. Akibatnya, muncullah imbauan agar tak berselfie di makam BJ Habibie itu.

Mulanya, kehebohan soal para peziarah yang ber-selfie di pusara BJ Habibie ini menjadi viral di media sosial. Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita pun akhirnya turun tangan.

"Kemarin ramai di medsos yang mencela pengunjung yang hanya berselfie di nisan Pak Habibie, juga banyak peziarah yang hanya memeluk nisan Bapak Habibie dan sambil selfie-selfie. Sejak itu kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga peziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk berselfie-selfie dengan nisan," kata Agus kepada detikcom, Minggu (15/9/2019). Adapun Kemensos merupakan kementerian yang mengelola TMP Kalibata, Jaksel.


Petugas keamanan pun ditempatkan. Dengan ditempatkannya petugas keamanan, Agus berharap peziarah yang datang turut memanjatkan doa kepada mendiang Habibie.

"Sekali lagi, kami tidak pernah mempersulit bagi peziarah yang ingin mendoakan Pak Habibie di sana, bahkan kami berharap agar masyarakat datang untuk mendoakan beliau," ucap Agus.



Kendati demikian, Putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, tidak keberatan dengan hal tersebut. Menurutnya, hal tersebut tidak masalah.

"Kalau buat saya pribadi tidak masalah selain di depan mayat bapak," kata Ilham Akbar Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).


Ilham mengatakan hanya melarang masyarakat yang berfoto atau ber-selfie di depan jenazah BJ Habibie. Jadi dia tidak menjadikan masalah ketika ada masyarakat yang berfoto selfie di makam ayah tercintanya.

"Itu yang memang kita larang waktu itu karena memang kurang afdol ya, kita buat selfie dengan latar mayat bapak. Tapi kalau di pemakaman saya kira enggak masalah," sambungnya.

Sementara itu, pantauan detikcom di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, para peziarah yang akan memasuki kawasan TMPNU ini diminta untuk meninggalkan tanda pengenal yang dititipkan ke sekuriti yang berjaga di pintu masuk makam. Sebelum mempersilakan masuk, sekuriti ini mengimbau kepada para peziarah untuk tidak melakukan selfie di makam.

"Di dalam hanya untuk berdoa, fotonya juga buat kenang-kenangan. Tetap nggak boleh (foto bergaya) selfie-selfie," imbau salah satu sekuriti di depan pintu masuk TMPNU Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).

Ditemui di lokasi, Koordinator Sekuriti TMPNU Kalibata Iswani mengatakan para peziarah memang diimbau untuk tidak ber-selfie di makam, khususnya dengan gaya yang berlebihan. Menurutnya, taman makam pahlawan bukanlah untuk foto dengan gaya-gaya yang berlebihan.

"Memang ini kan Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata jadi sebatas pengunjung hanya untuk berdoa dan foto bersama. Ada di tayangan (media) itu ada foto-foto selfie-nya, itu yang nggak boleh, bergaya. Sedangkan itu kan di taman makam pahlawan, tapi kok justru malah dibuat bergaya, foto-foto bergaya," kata Iswani di TMPNU Kalibata.


Salah satu peziarah bernama Agus Sampurna (37) mengatakan selfie sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Dia pun tidak heran jika ada masyarakat yang ber-selfie di makam BJ Habibie sebagai figur yang menginspirasi banyak orang.

"Selfie ini kan lagi trennya ya. Orang sekarang mencoba menjadi eksis dengan cara ya sesuatu yang viral terus di-selfie gitu ya. Kita tahu Pak Habibie baru dimakamkan dan beliau ini kan sangat jadi inspirasi banyak orang. Begitu beliau dimakamkan kan pasti banyak yang antusias dan sayangnya ini pemakaman, tidak pada tempatnya," kata Agus di TMPNU Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).
(rdp/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com