detikNews
Minggu 15 September 2019, 20:38 WIB

Round-Up

Trotoar Melintang di Tengah Jalan, Pemprov DKI Luruskan Soal Wewenang

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Trotoar Melintang di Tengah Jalan, Pemprov DKI Luruskan Soal Wewenang Foto: Trotoar di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur (Agung Pambudhy)
Jakarta - Ada pemandangan ganjil di tengah jalan Kalimalang, Jakarta Timur. Pasalnya, di tengah jalan itu melintang trotoar. Pemprov DKI menyebut trotoar tersebut merupakan wewenang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Keganjilan trotoar di tengah jalan ini juga mendapat tanggapan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies akan menyuruh Wali Kota Jakarta Timur untuk segera memperbaiki trotoar itu.

"Nanti wali kota (Jakarta Timur) kita suruh perbaiki," ujar Anies di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019).


Terkait hal ini, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar menegaskan akan menindaklanjuti trotoar di tengah Jalan Kalimalang itu. Jika membahayakan, trotoar itu akan dibereskan.

"Kalau sudah membahayakan, kita bongkar besok," ucap Anwar saat dihubungi detikcom, Minggu (15/9/2019).

Anwar juga menyebut soal trotoar di tengah jalan Kalimalang itu merupakan wewenang Kementrian PUPR. Pasalnya, proyek trotoar itu berkaitan dengan dengan Tol Becakayu.

"Ini Jalan Kalimalang masih kewenangan Kementerian PUPR. Berkaitan dengan (pembangunan) Tol Becakayu. Itu hasil koordinasi sementara dari Dinas Bina Marga (DKI Jakarta)," ucap Anwar.


Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Dishub menyebut trotoar yang berada di tengah Jalan Kalimalang, Jakarta Timur terkait proyek pembangunan Tol Becakayu. Sehingga keberadaan trotoar itu bukan kewenangan pemprov DKI, melainkan ranah wewenang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Jadi gini, untuk pembangunan Jalan Kalimalang itu saat ini satu paket dengan pembangunan Tol Becakayu, jadi DKI belum masuk ke situ. Itu kan dari PUPR," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat dihubungi, Sabtu (14/9/2019).


Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho lantas menyambut masalah trotoar di tengah jalan ini. Pihaknya akan berkomunikasi langsung dengan Kementerian PUPR. Dia akan meminta agar Jalan Kalimalang dikelola oleh Pemprov.

"Iya (akan koordinasi). Seperti 13 ruas jalan nasional sudah diserahkan (pengelolaannya) dari pusat ke DKI Jakarta," kata Hari saat dihubungi terpisah.


PKL di Trotoar Tuai Polemik, Anies: Jangan Kita Diskriminatif

[Gambas:Video 20detik]


(rdp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com