detikNews
Minggu 15 September 2019, 18:22 WIB

Ziarah ke Kalibata, Adrie Subono Kenang Tak Pernah Dimarahi Habibie

Jeffrie Nandy Satria - detikNews
Ziarah ke Kalibata, Adrie Subono Kenang Tak Pernah Dimarahi Habibie Foto: Adrie Subono bersama cucu dan keluarga sore tadi berziarah ke makam BJ Habibie (Jefrie-detik)
Jakarta - Keponakan BJ Habibie, Adrie Subono bersama cucu dan keluarga sore tadi berziarah ke makam BJ Habibie. Adrie terlihat menggunakan kaos berwarna biru dan langsung duduk di samping pusara BJ Habibie.

Pantauan detikcom di lokasi, Adrie dan keluarga tiba di TMPNU Kalibata pada pukul 16.15 WIB dan langsung duduk di sebelah pusara BJ Habibie sambil membacakan surah yasin. Terlihat pula para cucu BJ Habibie seperti Tifani Habibie, Farrah Habibie, Farhan Sultan Habibie dan Farrah Azizah Habibie yang ikut membacakan surah yasin untuk mendiang kakeknya.



Adrie terlihat fasih membaca surah yasin secara utuh walaupun tanpa memegang buku yasin atau Al Quran. Saat ditanya, ternyata Adrie memang hafal seluruh ayat dari surah yasin yang, kata dia, diajarkan oleh mendiang BJ Habibie.

"Saya yasinan tiap hari, yang ngajarin siapa, pak Habibie. Bapak tuh ngajarin saya yasinan setiap hari. Setiap hari habis magrib biasanya saya yasinan dulu. Makanya cepet karena udah afal cuma 15 menit abis. Itu yang ngajarin bapak. kata Adrie Habibie di TMPNU Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).



Adrie mengaku tidak sering membaca Al Quran bersama BJ Habibie. Tapi kata Adrie, BJ Habibie dan dirinya sering membaca yasin bersama.

"Kalau lagi yasinan saja. Kalau ibu Ainun beliau sih setiap hari baca Al Quran, tiada hari tanpa Quran. Jadi itulah banyak diajarin sama ibu bapak jadinya begini. Walaupun rock n roll tapi yang penting atasnya," sambungnya.



Pria berkepala plontos itu mengatakan sudah tinggal bersama BJ Habibie sejak umur 16 tahun. Namun, dengan antusias, dia menceritakan sikap Habibie yang tidak pernah memarahinya.

"Percaya sama saya, seumur hidup bapak tuh gak pernah marah sama saya, seumur hidup. Saya tinggal di rumah beliau dari umur 16 tahun, sekarang 66. Jadi saya dekat dengan beliau tuh sudah berapa tahun, 50 tahun. Waktu saya tinggal di Jerman sebandel-bandelnya saya ga pernah dimarahin," ucap Adrie sambil tersenyum.

Adrie pun mengenang masa-masa saat dia sempat berurusan dengan aparat keamanan di Jerman. Saat itu BJ Habibie juga tidak memarahinya justru melontarkan pertanyaan yang membuatnya kaget.

Ziarah ke Kalibata, Adrie Subono Kenang Tak Pernah Dimarahi HabibieFoto: Adrie Subono bersama cucu dan keluarga sore tadi berziarah ke makam BJ Habibie (Jefrie-detik)


"Saya pernah masuk bui di sana karena berkelahi yang keluarin bapak, di Jerman. Begitu pulang dipanggil saya. Saya pikir, wah dimarahin nih, begitu sampai kedepannya, (Pak Habibie ngomong) 'gimana kamu hajar tuh orang-orang?'," imbuhnya sambil tertawa.



Dia mengatakan akan berusaha datang ke makam BJ Habibie selama 40 hari selepas kepergian Presiden ke-3 RI itu. Soal peziarah yang antusias berfoto di makam BJ Habibie, dia juga tidak mempersoalkannya.

"Saya iya Insyallah sampai 40 hari. Waktu ibu meninggal pun tiap hari saya mendampingi bapak untuk ke Kalibata selama 40 hari waktu ibu meninggal ya," ucap Adrie.

"Warga datang ke sini kan mau memberikan penghormatan kepada bapak Habibie. Mereka datang ke sini juga untuk memberikan doa, ngirim doa, it's okay. Mereka juga tertib kan di sini, gak masalah," tutupnya.

BJ Habibie meninggal pada hari Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. BJ Habibie meninggal di usianya yang ke-83.

Pada hari Kamis (12/9), Habibie dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Presiden Jokowi bertindak selaku inspektur upacara pemakaman.


Golkar Siap Kawal Cita-cita Mendiang BJ Habibie, Apa Itu? Simak Videonya:


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com