detikNews
2019/09/14 15:23:19 WIB

Jokowi Dianggap Khianati Janji Politik Terkait Revisi UU KPK

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jokowi Dianggap Khianati Janji Politik Terkait Revisi UU KPK Foto: detik
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Transparency International Indonesia (TII) menilai langkah Jokowi ini mencederai kepercayaan publik dan mengkhianati janji politiknya sendiri.

"Bagi kami ini betul-betul mencederai kepercayaan publik, bahkan mengkhianati janji politiknya Jokowi sendiri," kata peneliti TII, Alvin, kepada wartawan, Sabtu (14/9/2019).



Jokowi-Jusuf Kalla (JK) sendiri memang memiliki sembilan agenda prioritas dalam Nawacita yang disampaikan selama kampanye Pilpres 2014. Salah satunya 'Kami akan memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya'.

Kembali ke soal revisi UU KPK, Alvin turut membela Ketua KPK Agus Rahardjo, yang menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Jokowi. Menurutnya, kalau memang revisi UU mau memperkuat KPK, seharusnya publik didengarkan dan KPK dilibatkan.

"Ini reaksi yang wajar dari KPK, penguatan KPK seharusnya tidak dilakukan dengan ngebut dalam tiga minggu, tidak mau mendengarkan publik dan tidak melibatkan KPK sama sekali," ujarnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com