Pimpinan KPK Terpilih Ghufron Minta Ketua KPK Bersikap Bijak

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 14 Sep 2019 13:22 WIB
Nurul Ghufron (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena gelisah atas kondisi seputar revisi UU KPK yang dianggapnya bisa melumpuhkan KPK. Pimpinan KPK terpilih, Nurul Ghufron, berharap Agus Rahardjo lebih bijak menyikapi revisi UU 30/2002 itu.

"Sebagai pimpinan lembaga negara dan beliau adalah pejabat negara, semestinya bijak mencermati rencana revisi UU KPK," kata Ghufron, Sabtu (14/9/2019).



Ghufron menilai KPK merupakan instansi penegak hukum. Menurutnya, persoalan politik revisi UU KPK merupakan wilayah legislator, yaitu DPR, yang juga membahasnya bersama presiden.

"KPK adalah penegak hukum sehingga KPK semestinya hanya melaksanakan hukum. Wilayah politik perubahan UU KPK adalah wilayah legislator, yaitu DPR bersama Presiden," tuturnya.



Agus Rahardjo sebelumnya menyampaikan kegelisahannya akan kondisi saat ini, yakni sudah disepakatinya revisi UU KPK oleh pemerintah dan DPR. Agus mengatakan pengelolaan KPK akan dikembalikan ke Jokowi.

"Dengan berat hati, pada hari ini kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Bapak Presiden Republik Indonesia," kata Agus di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (13/9).

Agus menyampaikan itu ditemani dua wakilnya, yakni Saut Situmorang dan Laode M Syarif. Agus mengaku menunggu perintah Jokowi untuk ke depannya.




AS Hikam: Polemik Saat Ini Lanjutan Pertarungan Lama KPK dan DPR:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/fdn)