detikNews
Sabtu 14 September 2019, 00:49 WIB

BNN: Tiap Bulan 40 Kg Sabu Masuk Sulteng

Mohammad Qadri - detikNews
BNN: Tiap Bulan 40 Kg Sabu Masuk Sulteng Ilustrasi sabu (Samsudhuha-detikcom)
Palu - Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat terjadinya peningkatan peredaran narkoba jenis sabu di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng). Mayoritas pelaku menyelundupkan sabu lewat jalur laut.

"80 persen narkoba masuk di Sulteng itu lewat jalur laut, dan dari beberapa bandar yang sudah kita tangkap saat dimintai keterangan bisa disimpulkan peredaran pada setiap bulan sampai 30-40 kilogram narkoba jenis sabu sabu," kata Kepala BNN Sulteng Brigadir Jenderal Siyono, Jumat (13/9/2019).


Untuk mengantisipasi, BNN membangun sinergi bersama Bea-Cukai, TNI AL, Polairud, dan pengelola pelabuhan. Dia mengatakan jalur masuk penyelundupan narkoba dilakukan di daerah Donggala, Tolitoli, dan Morowali.

Dia mengatakan banyak pengendalian narkoba dilakukan oleh narapidana dari dalam lembaga pemasyarakatan. BNN pun tengah membuat MoU dengan Kemenkumham untuk bisa bekerja sama mengungkap jaringan terselubung yang dilakukan oleh para napi.


"Ya kita susah juga, banyak napi yang masih menggunakan telepon genggam, sementara saat kita akan melakukan pengungkapan yah harus melakukan strategis teknologi, namun harus pamit dulu ke Kemenkumham supaya tidak melanggar aturan," tuturnya.

Siyono menyampaikan sejak 2018 hingga September 2019, peredaran narkoba di wilayah Sulteng capai Rp. 21.247.121.760 atau Rp 2 miliar rupiah yang dominan beredar kasus narkoba jenis sabu.



Tonton juga video Ganja 1,2 Kg Gagal Beredar di Makassar:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com