detikNews
Jumat 13 September 2019, 20:36 WIB

Buka Piasan Seni, Walkot Ajak Warga jadi Marketing Promosi Banda Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Buka Piasan Seni, Walkot Ajak Warga jadi Marketing Promosi Banda Aceh Foto: Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar kegiatan Piasan Seni (Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar kegiatan Piasan Seni. Lewat acara tahunan itu, Wali Kota Aminullah Usman mengajak warga menjadi marketing dalam mempromosikan kelebihan kota berjuluk 'Kota Gemilang' tersebut.

Pembukaan acara Piasan Seni digelar di Taman Bustanul Salatin di depan Balai Kota Banda Aceh, Jumat (13/9/2019) sore. Aminullah didampingi pejabat Forkopimda menabuh rapai tanda kegiatan dimulai.

Di lokasi tampak berdiri sejumlah stan berisi karya seni. Para pengunjung dapat melongok karya-karya yang dipamerkan di sana. Kegiatan tersebut berlangsung hingga 15 September mendatang.


Walkot Aminullah mengatakan, Pemkot menggelar Piasan Seni dengan tujuan agar kesenian Kota Banda Aceh semakin dicintai dan digemari oleh wisatawan domestik serta mancanegara. Kegiatan ini juga untuk merawat kesenian sehingga tidak dilupakan generasi muda.

"Tahun ini kita mengombinasikan seni yang sudah ada kita kombinasikan dengan seni kreasi. Seni ini juga harus mengikuti perkembangan zaman namun tidak keluar dari bingkai syariat karena visi kita gemilang dalam bingkai syariah," kata Aminullah kepada wartawan.



Selain itu, acara tersebut juga dapat membangkitkan UMKM sehingga menumbuhkan ekonomi masyarakat. Dengan adanya kegiatan tersebut, jelasnya, perputaran ekonomi warga terjadi.

Aminullah menjelaskan, event tersebut juga untuk mendatangkan wisatawan ke Banda Aceh. Untuk tahun ini, Aminullah mengklaim turis ke ibukota provinsi Aceh meningkat.

"Banda Aceh ini kota transit, orang mau ke Takengon, Aceh Jaya, Sabang lewat Banda Aceh. Orang singgah di sini. Jadi ini menguntungkan Banda Aceh," jelas Aminullah.


Setelah adanya acara tersebut Aminullah berharap semua masyarakat Tanah Rencong menjadi marketing dal mempromosikan keunggulan Banda Aceh. Dia mencontohkan Banyuwangi yang kini makin dikenal wisatawan.

"Semua pihak harus jadi marketing kelebihan-kelebihan Banda Aceh ini. Maka kita promosikan berbagai kelebihan sehingga orang berdatangan ke kota Banda Aceh untuk menikmati berbagai kelebihan di kota ini," bebernya.

"Kuliner kita ada kuah beulangong, mie aceh, kuah asam keueng, kuah sie itek dan juga ada sie ruboh, ayam tangkap belum lagi kopi terenak di dunia," ungkap Aminullah.
(agse/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com