detikNews
Jumat 13 September 2019, 19:21 WIB

Layanan Internet di Jayapura Dibuka, Warga Diimbau Bijak Berinternet

Khartika Nur Atikah - detikNews
Layanan Internet di Jayapura Dibuka, Warga Diimbau Bijak Berinternet Foto: Ilustrasi Internet.
Jayapura - Pemerintah telah membuka kembali layanan data internet di Kabupaten dan Kota Jayapura, Papua, mulai Jumat pukul 16.00 WIT hari ini. Pembukaan ini akan dilakukan secara bertahap.

"Lebih dari 85 persen sites/titik di wilayah Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura dibuka layanan data internet," ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu saat dimintai konfirmasi, Jumat (13/9/2019).


Pantauan detikcom di kelurahan Hamadi, Jayapura Selatan, pukul 16.30 WIT, koneksi internet memang sudah bisa diakses.

Atas dibukanya kembali internet ini, Kabid Humas Polda Papua AM Kamal mengimbau masyarakat agar bijak dalam berinternet. Warga diminta menggunakan internet untuk kegiatan-kegiatan positif.

"Kita berharap seluruh masyarakat Papua yang ada di tanah Papua untuk memanfaatkan teknologi internet ini sebaik-baiknya. Perhatikan ketika mendapat postingan, baca dengan cermat apakah itu bermanfaat bagi dirinya atau tidak. Saya yakin sesuatu yang tidak bermanfaat bagi dirinya itu tidak bermanfaat bagi yang lain," ujar Kamal di kawasan Bhayangkara, Kota Jayapura.


Sebelumnya, sebaran informasi hoax mencapai puncaknya pada Agustus 2019 dengan jumlah URL mencapai 72.500. Perlahan, informasi hoax menurun hingga ke angka 3.050 URL pada 11 September 2019.


Tonton video "Pemerintah Buka Pemblokiran Internet di Papua" :

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com