detikNews
Jumat 13 September 2019, 00:37 WIB

Komisi III Mulai Hitung Suara Capim KPK, Alex-Firli Bersaing Ketat

Ibnu Hariyanto, Mochamad Zhacky - detikNews
Komisi III Mulai Hitung Suara Capim KPK, Alex-Firli Bersaing Ketat Penghitungan suara capim KPK (Moch Zhacky/detikcom)
Jakarta - Setelah melakukan voting, anggota Komisi III DPR mulai menghitung perolehan suara capim KPK. Capim KPK Alexander Marwata memimpin sementara perolehan suara.

Pantauan detikcom, penghitungan suara dilakukan pada pukul 00.29 WIB. Voting digelar di ruang rapat Komisi III, Komplek DPR/MPR, Jumat (13/9/2019).

Suara nama yang disebut ialah Nawawi Pomolango. Masing-masing fraksi mengirimkan perwakilan sebagai saksi untuk membacakan kertas suara yang diambil dari kotak dan ada juga yang mencatatkan suara di papan tulis berdasarkan nama yang dipanggil.

Nama Alexander Marwata dan Firli Bahuri bersaing ketat. Di putaran pertama ini akan dipilih lima nama capim. Setelah itu dilakukan pemungutan suara kembali untuk memilih calon Ketua KPK.


Sebelumnya, Komisi III telah menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Uji dilakukan selama dua hari.

Pada Rabu (11/9), lima orang capim KPK yang mengikuti fit and proper test yakni Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara. Sementara pada Kamis (12/9) lima capim KPK lainnya yang mengikuti fit and proper test yakni Alexander Marwata, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Roby Arya.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com