detikNews
2019/09/12 22:51:59 WIB

Round-Up

Blak-blakan Capim KPK Firli Bahuri soal Dugaan Pelanggaran Etik

Tim detikcom - detikNews
Halaman 4 dari 4
Blak-blakan Capim KPK Firli Bahuri soal Dugaan Pelanggaran Etik Capim KPK Firli Bahuri (Lamhot Aritonang/detikcom)

Dia mengaku bertemu dengan Bahrullah di lobi dengan ditemani stafnya. Setelah itu, Firli mengajak Bahrullah ke ruangannya di lantai 12.

Dia mengaku saat bertemu dengan Bahrullah, dia membuka pintu ruangan kerjanya agar stafnya juga mendengar pembicaraan dengan Bahrullah. Hingga akhirnya, datang penyidik KPK ke ruangannya untuk menjemput Bahrullah untuk menjalani pemeriksaan.

KPK sebelumnya menyatakan Firli yang merupakan mantan Deputi Penindakan diduga melakukan pelanggaran kode etik berat. Penasihat KPK Tsani Annafari membeberkan rangkaian pertemuan yang membuat Firli dinyatakan melakukan pelanggaran etik berat.



Tsani awalnya menjelaskan pemeriksaan dugaan pelanggaran etik ini dilakukan setelah ada pengaduan masyarakat pada 18 September 2018. Dalam pemeriksaan, ditemukan fakta kalau Firli melakukan sejumlah pertemuan, termasuk dengan TGB.

Setidaknya ada tiga pertemuan antara Firli dengan TGB. Padahal saat itu, KPK sedang melakukan penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi terkait kepemilikan saham pemerintah daerah dalam PT Newmont 2009-2016. Tsani juga menyebut Firli bertemu dengan Bahrullah Akbar yang merupakan saksi di KPK hingga salah satu petinggi Parpol.

"Pertemuan-pertemuan tersebut tidak ada hubungannya dengan tugas F sebagai Deputi Penindakan KPK. Sebagai Deputi Penindakan KPK F juga tidak pernah minta izin melakukan pertemuan dengan pihak yang terkait perkara ataupun pihak yang memiliki risiko independensi dan tidak melaporkan seluruh pertemuan-pertemuan tersebut ke pimpinan KPK," tutur Tsani.
(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com