detikNews
2019/09/12 22:30:41 WIB

Uji Capim KPK

Capim Roby Arya akan Paling Sedikit OTT Bila Jadi Pimpinan KPK

Ibnu Hariyanto, Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 2
Capim Roby Arya akan Paling Sedikit OTT Bila Jadi Pimpinan KPK Capim KPK Roby Arya (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Calon pimpinan (capim) KPK terakhir, Roby Arya, mengkritik operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK selama ini. Dia menyindir banyaknya OTT yang dilakukan KPK pada periode saat ini.

"Dengan bangganya mereka mengatakan dalam sejarah terbanyak melakukan OTT," kata Roby dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

"Bila saya jadi pimpinan KPK, dalam sejarah, saya yang paling sedikit melakukan OTT tapi indeks persepsi korupsi naik, itu kan yang penting," imbuh Roby.




Sebab, dia menyebut indeks persepsi korupsi atau IPK yang dicapai KPK pada periode 2015-2019 hanya naik 1 poin. Dia pun ingin mengedepankan sistem pencegahan.

"Ngapain nangkepin terus tapi tidak ada perbaikan," kata Roby.

Roby sempat menjadi sorotan dalam uji publik di tingkat panitia seleksi (pansel) KPK. Roby disinggung mengenai sifat temperamental.

"Ada informasi Bapak temperamental, bagaimana Bapak mengelola ini (manajerial) kalau dengan sikap yang tidak serasi?" tanya anggota Pansel Diani Sadia Wati dalam uji publik pada Kamis (29/8/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com