detikNews
Kamis 12 September 2019, 21:40 WIB

Uji Capim KPK

Capim KPK Firli Buka-bukaan soal Pertemuan dengan Ketum Parpol

Ibnu Hariyanto, Mochamad Zhacky - detikNews
Capim KPK Firli Buka-bukaan soal Pertemuan dengan Ketum Parpol Capim KPK Firli Bahuri (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Firli Bahuri menyampaikan pertemuan dengan salah satu ketua umum partai politik (ketum parpol) bukanlah suatu kesengajaan. Calon pimpinan (capim) KPK itu bahkan menyebut pertemuannya tersebut bukan dengan ketum parpol, melainkan individu.

"Kalaupun disampaikan pertemuan dengan pimpinan partai politik, saya ingin katakan, saya bukan bertemu dengan pimpinan partai politik, tapi saya bertemu dengan individu dan itu tidak ada pembicaraan apa pun dan itu bukan sengaja pertemuan," kata Firli dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Firli mengaku hadir dalam pertemuan itu atas undangan rekannya. Di saat yang bersamaan, ketum parpol yang tidak disebut namanya oleh Firli itu datang dan memang mengenalnya.



"Saya diundang oleh kawan saya, kebetulan dia adalah Wakabareskrim saya hadir di situ. Kebetulan ketua partai politik hadir dan beliau kenal individu saya karena almarhum suami beliau selalu intens dengan saya sejak saya pangkat Letnan Satu," imbuh Firli.

Persoalan tentang pertemuan itu sempat disinggung oleh Penasihat KPK Tsani Annafari dalam konferensi pers pada Rabu, 11 September, malam. Saat itu Tsani bersama Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyampaikan bahwa Firli melakukan pelanggaran kode etik berat.

"Pada 1 November 2018 malam hari, di sebuah hotel di Jakarta, Saudara F bertemu dengan seorang pimpinan partai politik," ujar Tsani.


(dhn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com