detikNews
2019/09/12 21:35:27 WIB

Round-Up

Selamat Lepas Landas, Eyang Habibie!

Tim Detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Selamat Lepas Landas, Eyang Habibie! Foto: Presiden Jokowi pimpin upacara pemakaman BJ Habibie. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta - Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie telah berpulang di usianya yang ke-83 tahun. Kepergian sosok yang erat dengan dunia dirgantara ini meninggalkan duka bagi masyarakat Indonesia.

Pria yang akrab disapa Rudi itu meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Habibie meninggal dunia setelah dirawat beberapa hari. Presiden RI ke-3 itu diketahui memiliki riwayat sakit jantung.

Pihak keluarga menyebut Habibie sakit karena faktor usia. Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menyatakan jantung sang ayah akhirnya menyerah.


"Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan," kata Thareq.

Tokoh-tokoh bangsa dan publik figur bergantian melayat ke rumah duka sejak jenazah Habibie dibawa ke rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Mulai dari Presiden Jokowi, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Prabowo Subianto, hingga kolega maupun tokoh dari berbagai kalangan.

Deretan bunga dukacita pun berjejer di sekitar kompleks rumah Habibie. Masyarakat juga banyak yang datang melayat mendoakan pria kelahiran Parepare tersebut.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com