detikNews
Kamis 12 September 2019, 21:23 WIB

Rachmawati Kenang Jasa Habibie Izinkan Universitas Bung Karno Beroperasi

Dwi Andayani - detikNews
Rachmawati Kenang Jasa Habibie Izinkan Universitas Bung Karno Beroperasi Rachmawati Soekarnoputri (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Rachmawati Soekarnoputri mengenang kepergian presiden ke-3 RI BJ Habibie. Rachmawati teringat pada jasa BJ Habibie yang mengizinkan Universitas Bung Karno dibuka setelah 16 tahun dilarang beroperasi.

"Waktu beliau memberikan izin. Waktu itu saya mendirikan Universitas Bung Karno, tetapi 16 tahun waktu itu juga tidak diperbolehkan beroperasi, tetapi setelah pergantian, kemudian Pak Habibie naik sebagai presiden, kemudian beliau memberikan izin Universitas Bung Karno," ujarnya di rumah duka BJ Habibie, Jl Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019.



Rachmawati menyebut Universitas Bung Karno kemudian diresmikan oleh BJ Habibie secara resmi. Sampai saat ini, Universitas Bung Karno menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang dilantik di Istana Negara.

"Satu-satunya universitas yang dilantik atau diberikan sebagai peresmian di Istana Negara, Istana Merdeka. Itu yang berkesan," ucapnya.

Rachmawati mengatakan BJ Habibie merupakan salah satu penerima Soekarno Award dari Universitas Bung Karno. Penghargaan itu diberikan pada 2011.

"Almarhum Pak Habibie beliau ini salah satu penerima Soekarno Award tahun 2011 di JCC waktu itu. Pada waktu seratus sepuluh tahunnya Bung Karno jadi salah satunya beliau penerima Soekarno Award," ujar Rachma.
(dwia/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com