detikNews
Kamis 12 September 2019, 21:06 WIB

Uji Capim KPK

Satu Suara dari Wa Ode Nur Zainab untuk Capim KPK Firli Bahuri

Ibnu Hariyanto, Mochamad Zhacky - detikNews
Satu Suara dari Wa Ode Nur Zainab untuk Capim KPK Firli Bahuri Capim KPK Firli Bahuri Paparkan Visi-Misi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Anggota Fraksi PAN, Wa Ode Nur Zainab, blak-blakan mendukung capim KPK Firli Bahuri saat fit and proper test capim KPK. Tapi Wa Ode ingin Firli membenahi aturan main pada proses penetapan tersangka.

"Saya, Pak Firli, dari PAN satu suara buat Bapak. Saya sangat salut dengan pemaparan Bapak tadi, apalagi pernyataan Bapak mengenai perlunya diadakan perubahan. Kita jangan takut KPK berubah untuk lebih baik untuk lebih profesional karena KPK garda terdepan yang kita andalkan dalam pemberantasan korupsi," kata Zainab dalam fit and proper test capim KPK di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Zainab lantas berbicara soal kinerja KPK menetapkan seseorang sebagai tersangka. Penetapan tersangka di KPK, disebut Zainab, berawal dari alat bukti penyelidikan lalu diterbitkan surat perintah penyidikan.

"Lalu ditetapkan tersangka, sedangkan alat bukti bersumber dari penyelidikan," ujar Zainab.

Padahal, kata Zainab, ada aturan main di KUHAP yang harus dipatuhi KPK. KUHAP, menurut Zainab, memuat soal penyelidikan dengan menemukan peristiwa pidana untuk ditentukan layak atau tidak naik ke tahap penyidikan.

"Saya berharap di kepemimpinan Bapak jika terpilih tolong Pak peraturan dalam KUHAP ditegaskan kembali dalam SOP KPK sehingga KPK yang sedemikian rupa diandalkan tidak melawan hukum," ujar Zainab.
(fdn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com