detikNews
2019/09/12 20:29:45 WIB

Uji Capim KPK

Politikus PDIP Langsung 'Tembak' Capim KPK Firli soal Masalah Etik

Ibnu Hariyanto, Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 2
Politikus PDIP Langsung Tembak Capim KPK Firli soal Masalah Etik Capim KPK Firli Bahuri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan mendapat giliran pertama bertanya kepada Firli Bahuri sebagai calon pimpinan (capim) KPK dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Arteria langsung menanyakan tentang persoalan pelanggaran kode etik berat yang disematkan KPK kepada Firli.

"Ini kontroversial, calon pimpinan ini adalah calon dari 10 calon yang menjadi perhatian publik yang luar biasa, yang sangat khusus, yang juga harus menjadi perhatian Dewan. Apa betul Saudara Calon Pimpinan ini pernah bertemu dengan yang namanya TGB?" tanya Arteria kepada Firli di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).




Arteria turut menanyakan apa saja konteks pembicaraan yang dilakukan Firli. Selain itu, Firli ditanya apakah pernah diperiksa secara etik di KPK.

"Apakah pimpinan KPK mengalihkan perkara itu ke Dewan Pertimbangan Pegawai, apa betul keputusan Dewan Pertimbangan Pegawai memang menghukum Saudara Calon Pimpinan?" tanya Arteria lagi.

"Seandainya itu tidak benar, ini namanya penzaliman yang sistematis, ini masalah pernyataan fitnah, membuat surat palsu," imbuh Arteria.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com