detikNews
Kamis 12 September 2019, 19:18 WIB

PDIP dan PD Diminta Segera Setor Nama Pimpinan DPRD DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
PDIP dan PD Diminta Segera Setor Nama Pimpinan DPRD DKI Syarif (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sementara Syarif bersurat ke PDIP dan Partai Demokrat (PD) untuk segera mengirimkan nama pimpinan anggota Dewan. Syarif mengatakan DPRD DKI Jakarta ingin segera memproses nama pimpinan ke Kemendagri.

"Ya kita bersurat sekarang ini bersurat mungkin dikirim besok. Segera. Kan tanggal 9 September (sudah ditunggu). Sudah tiga hari. Besok tinggal Jumat. (Ke) pimpinan wilayah DPD atau DPW," kata Syarif di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2019).



Syarif mengatakan surat tersebut nantinya juga akan mengingatkan soal peralihan tata tertib baru. Meski demikian, tidak ada sanksi bagi PDIP ataupun Partai Demokrat jika membutuhkan waktu lebih lama dalam mengirimkan nama pimpinan.

"Nggak ada sanksi (kalau lewat)," sebut Syarif.



Sebelumnya, Syarif mengatakan penetapan pimpinan ditargetkan selesai pada akhir September. Nama-nama akan diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelum dikirim ke Kemendagri.

"(Pimpinan definitif) saya pengen tanggal 16 tapi nggak mungkin, pasti di atas tanggal 27 September," tutur Syarif.



Syarif menuturkan nantinya pimpinan DPRD diusulkan oleh partai yang ada di urutan lima besar. Nama-nama tersebut akan diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diserahkan ke Kemendagri.

"Surat dari partai masuk ke kita. Lalu diserahkan ke gubernur. Dari gubernur ke Kemendagri untuk stempel menteri," jelasnya.
(fdu/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com