detikNews
Kamis 12 September 2019, 19:15 WIB

Profil Xanana Gusmao yang Cium Kening BJ Habibie

Virgina Maulita Putri - detikNews
Profil Xanana Gusmao yang Cium Kening BJ Habibie Profil Xanana Gusmao yang Cium Kening BJ Habibie (Rolando/detikcom)
Jakarta - Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao rupanya sempat menjenguk Presiden Ke-3 RI BJ Habibie di rumah sakit. Hal itu terlihat dari sebuah video yang diunggah oleh pengguna Twitter, @KatolikG, yang kemudian viral di media sosial.

Video tersebut memperlihatkan Habibie yang berbaring di ranjang rumah sakit dan Xanana terlihat berada di sampingnya. Xanana sempat mengucapkan sesuatu kepada Habibie dan kemudian mengangkat kepala beliau untuk mencium keningnya.

"Xanana Gusmao saat menjenguk BJ Habibie... Penuh haru dan penuh rasa kemanusiaan... Tisu mana tisu..." tulis @KatolikG dalam cuitannya.



Netizen yang melihat video ini mengaku merasa terharu setelahnya. Pasalnya mereka menyadari bagaimana sejarah panjang hubungan antara Habibie dengan Xanana dan Timor Leste.

Berikut profil dan rangkaian fakta menarik tentang Xanan Gusmao yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Anak Guru

Xanana Gusmao lahir di Manatuto, Timor Leste, 20 Juni 1946. Kedua orang tuanya berprofesi sebagai guru dan ia memiliki 5 saudara.

Xanana meninggalkan bangku sekolah menengah di usia 15 tahun karena alasan finansial. Ia kemudian bekerja serabutan sambil melanjutkan pendidikannya di sekolah malam.

2. Asal-usul Nama Xanana

Nama asli Xanana adalah Jose Alexandre Gusmao. Xanana sendiri merupakan nama panggilannya yang diambil dari band rock asal Amerika Serikat, Sha Na Na.

3. Terjun di Politik

Pada tahun 1968, Xanana direkrut oleh angkatan bersenjata Portugal untuk mengikuti wajib militer. Pada tahun 1971 ia menyelesaikan kewajibannya dan mulai terlibat dalam politik.

Saat itu ia terlibat dalam organisasi nasionalis yang dipimpin oleh Jose Ramos Horta. Selama tiga tahun, Xanana terus aktif dalam aksi damai yang ditujukan kepada Portugal yang saat itu menduduki Timor Leste.

4. Perjuangan Kemerdekaan Timor Leste

Pada masa perjuangan kemerdekaan Timor Leste dari Portugal, Xanana terlibat dengan faksi Fretilin. Ia bahkan pernah dipenjarakan oleh pihak oposisi Uni Demokrasi Timor (UDT).

Pada 28 November 1975, Fretilin mendeklarasikan kemerdekaan Timor Leste sebagai "Republik Demokratik Timor Timur". Tapi, beberapa hari kemudian Indonesia menduduki Timor Leste.

Selama masa pendudukan Indonesia di Timor Leste, Xanana menjadi figur penting yang kemudian menjadi target pemerintah Indonesia. Pada Mei 1993, Xanana disidang dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup yang kemudian dipangkas menjadi 20 tahun oleh Presiden Suharto.

Walau baru dibebaskan pada tahun 1999, Xanana tetap memimpin perlawanan dari dalam penjara. Setelah referendum pada 30 Agustus 1999, rakyat Timor Leste kemudian memilih untuk menjadi negara merdeka. Setelah pemilihan umum pada tahun 2001, Xanana terpilih menjadi Presiden pertama Timor Leste saat negara tersebut secara resmi merdeka pada 20 Mei 2002.



5. Karier Politik

Xanana menjabat posisi Presiden Timor Leste hingga tahun 2007. Pada 8 Agustus 2007, ia terpilih menjadi Perdana Menteri Timor Leste, posisi yang dipegangnya hingga tahun 2012.

Dari tahun 2015 hingga sekarang, Xanana menjabat sebagai Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis. Tanggung jawab utamanya adalah mempromosikan pengembangan ekonomi dan sosial Timor Leste.

6. Kehidupan Pribadi

Pada tahun 1965, Xanana bertemu dengan Emilia Batista yang kemudian menjadi istrinya. Keduanya dikaruniai dua orang anak, Eugenio dan Zenilda. Keduanya kemudian bercerai pada tahun 1999.

Pada tahun 2000, Xanana menikahi wanita asal Australia, Kirsty Sword. Keduanya dikaruniai tiga orang anak yakni Alexandre, Kay Olok dan Daniel.

7. Kecup Kening dan Kirim Karang Bunga untuk Habibie

Dalam sebuah video yang viral di Twitter, Xanana terlihat sedang menjenguk Habibie di rumah sakit dan mencium keningnya. BJ Habibie lantas mengeluarkan tangannya dari selimut untuk mendekap Xanana dan mendekatkan ke dadanya.

Belum diketahui kapan dan di mana video ini direkam. Tapi banyak menduga momen ini terjadi ketika BJ Habibie dirawat di RSPAD Gatot Soebroto sejak awal September lalu sebelum ia wafat.

Selain itu, Xanana juga mengirimkan karangan bunga sebagai tanda duka cita ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

"Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kepergian kakak tercinta Presiden BJ Habibie. Rakyat Timor Leste akan mengenangmu selamanya. Istirahat dengan tenang. Xanana Gusmao," tulis karangan bunga tersebut.


(vmp/lus)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com