detikNews
2019/09/12 17:03:38 WIB

Yenny Wahid Dapat Pesan dari BJ Habibie: Terus Berjuang untuk Toleransi

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Halaman 1 dari 2
Yenny Wahid Dapat Pesan dari BJ Habibie: Terus Berjuang untuk Toleransi Yenny Wahid (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, turut hadir dalam upacara pemakaman BJ Habibie siang tadi. Yenny pun menyebut Habibie memiliki kesamaan karakter dengan ayahnya.

"Beliau punya nilai yang sama dengan Gus Dur, yaitu beliau sama-sama demokrat, sama-sama orang yang memegang teguh komitmen untuk menjaga demokrasi di Indonesia, kebebasan berpendapat, lalu kebebasan berserikat, lalu mengedepankan dialog, pendekatan dialog, dan lain sebagainya," kata Yenny Wahid di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).


Yenny menyebut Habibie dan Gus Dur merupakan figur yang memiliki keteguhan dalam menjaga demokrasi. BJ Habibie, menurutnya, memandang berbagai perbedaan sebagai sesuatu hal yang menguatkan sebuah bangsa.

"Beliau orang yang menghormati hak-hak masyarakat sipil. Ini semua sama ciri-cirinya. Beliau juga orang yang sangat hormat atau percaya bahwa kekuatan sebuah bangsa itu adalah ketika perbedaan itu justru bisa menjadi kekuatan," sambungnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com