detikNews
2019/09/12 16:26:52 WIB

Uji Capim KPK

Capim Johanis Bicara 'Dosa Apa Sih Pak' soal Surat Rahasia KPK

Ibnu Hariyanto, Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Capim Johanis Bicara Dosa Apa Sih Pak soal Surat Rahasia KPK Capim KPK Johanis Tanak (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Satu-satunya calon pimpinan (capim) dari unsur kejaksaan yang masuk dalam 10 besar, Johanis Tanak, disebut mendapatkan catatan dari KPK. Surat tentang catatan rekam jejak Johanis itu dikirimkan KPK ke Komisi III DPR.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP Arsul Sani menyinggung tentang catatan itu langsung pada Johanis. Arsul ingin tahu apa sebenarnya catatan yang diberikan KPK pada Johanis.

"Saya pengin tahu Pak, kira-kira dosa apa sih Pak dosa Bapak kok catatannya ada di sana?" tanya Arsul pada Johanis dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).


Johanis memperkirakan catatan dari KPK tentang latar belakangnya saat menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Sulawesi Tengah (Kajati Sulteng). Saat itu Johanis 2 kali menjerat mantan Gubernur Sulteng sebagai tersangka.

"Ada 2 mantan gubernur yang saya tetapkan. Satu itu yang diperintahkan Jaksa Agung untuk dilanjutkan. Satu lagi sudah sampai tahap penyidikan," ucap Johanis tanpa menyebutkan siapa mantan gubernur yang dijeratnya itu.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com