detikNews
2019/09/12 15:52:11 WIB

Hindari Gaduh, Alexander Ingin Evaluasi Pengumuman Pemanggilan Saksi KPK

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hindari Gaduh, Alexander Ingin Evaluasi Pengumuman Pemanggilan Saksi KPK Capim KPK Alexander Marwata (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Calon pimpinan (capim) KPK Alexander Marwata mengkritik pengumuman pemanggilan saksi oleh KPK. Alex akan mengevaluasi itu jika kembali terpilih sebagai pimpinan KPK.

"Ini yang mungkin kita evaluasi lagi. Saya sih setuju kalau ini dievaluasi lagi terkait dengan suara gaduh. Rasa-rasanya teman-teman di kepolisian, kejaksaan bisa bekerja tanpa kegaduhan. Kenapa kita nggak bisa," kata Alex saat uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR, Senayan Jakarta, Kamis (12/9/2019).


Kritik itu disampaikan Alex saat menjawab pertanyaan politikus Golkar, Ahmad Zacky Siradj. Ahmad menanyakan apakah jika terpilih kembali Alex mampu mengurangi kegaduhan-kegaduhan dalam penanganan kasus terkait publikasi oleh KPK.

Alex mulanya menegaskan mampu mengurangi kegaduhan-kegaduhan terkait publikasi oleh KPK. Dia mengatakan akan mengevaluasi pengumuman pemanggilan saksi dan tersangka jika dirinya terpilih kembali. Hal itu juga sebagai upaya menghindari penghakiman oleh publik.

"Kemudian terkait dengan pengumuman tersangka atau saksi atau mengurangi suara-suara gaduh. Bisa. Itu tadi sepanjang pimpinan sepakat nggak usah lah kenapa memanggil saksi harus diumumkan. Kenapa? Akhirnya yang terjadi apa? Kalau saksi mau dipanggil KPK apalagi terkait dengan pejabat negara mereka pasti akan berupaya gimana caranya nggak lewat depan," tuturnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com