detikNews
Kamis 12 September 2019, 13:33 WIB

Jenazah BJ Habibie Tiba di TMP Kalibata

Matius Alfons - detikNews
Jenazah BJ Habibie Tiba di TMP Kalibata Foto: Makam BJ Habibie (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Iring-iringan jenazah Presiden ke-3 RI BJ Habibie tiba di TMP Kalibata. Jenazah Habibie langsung dibawa menuju lokasi pemakaman TMP Kalibata.

Pantauan detikcom iring-iringan jenazah B.J Habibie tiba di TMP Kalibata, Jalan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019), pukul 13.31 WIB. Terlihat peti jenazah Habibie diturunkan dari mobil ambulans.


Peti jenazah yang terbalut bendera merah putih tersebut langsung dibawa ke lokasi pemakaman. Jenazah BJ Habibie rencananya akan dimakamkan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari.

Sejumlah tokoh sudah berada di TMP Kalibata untuk mengikuti prosesi pemakaman jenazah BJ Habibie. Mereka di antaranya Wapres RI Jusuf Kalla, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menag Lukman Hakim Saifuddin, Menko Polhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tampak pula Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersiap menyambut jenazah BJ Habibie.



Upacara pemakaman Habibie ini akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keluarga dan beberapa tokoh menghadiri upacara pemakaman ini.

Jenazah Habibie sebelumnya telah diserahkan pihak keluarga ke pemerintah untuk dimakamkan. BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menyatakan jantung sang ayah akhirnya menyerah.




Tonton video Siswa-siswi MAN 1 Kendari Salat Gaib untuk BJ Habibie:

[Gambas:Video 20detik]


(maa/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com