detikNews
2019/09/12 11:44:12 WIB

Jelang Pemakaman BJ Habibie, Warga Mulai Berdatangan ke TMP Kalibata

Matius Alfons - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jelang Pemakaman BJ Habibie, Warga Mulai Berdatangan ke TMP Kalibata Masyarakat mulai berdatangan ke TMP Kalibata menjelang pemakaman BJ Habibie. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Masyarakat mulai berdatangan ke TMP Kalibata. Mereka hendak melayat almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie, yang akan dimakamkan siang ini.

Pantauan detikcom di depan TMP Kalibata, Jalan Pemuda, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019), terlihat masyarakat mulai berdatangan secara bergelombang sejak pukul 11.00 WIB. Ada yang datang bersama keluarga ke TMP Kalibata.

Sebagian dari mereka juga terlihat mengenakan pakaian hitam untuk melayat Habibie. Meski demikian, sebagian orang tidak diperkenankan masuk lantaran tidak berpakaian rapi dan hanya memakai sandal.


Salah seorang ibu yang mengaku tetangga Habibie di Parepare, Andi Cincing, mengaku datang jauh-jauh ke Jakarta untuk melayat. Dia mengaku terakhir bertemu dengan Habibie dua tahun lalu.

"Iya, ini sama-sama dari Sulawesi, satu kampung, di Makassar, Parepare. Dua tahun lalu sebelum bapak saya meninggal, Habibie datang sewaktu bapak saya meninggal juga," kata Andi.

Jelang Pemakaman BJ Habibie, Warga Mulai Berdatangan ke TMP KalibataAndi Cincing (Matius Alfons/detikcom)

Andi juga mengungkapkan kesan terhadap almarhum Habibie, yang semasa hidup sangat baik. Menurutnya, Habibie orang yang bijaksana dan tidak sombong.

"Orangnya (Habibie) sangat baik deh, bijaksana, tidak sombong, pokoknya segalanya deh," ucapnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com