detikNews
2019/09/12 11:06:19 WIB

Esther Gayatri Cerita Jasa BJ Habibie yang Jadikannya Pilot Wanita Pertama RI

Eva Safitri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Esther Gayatri Cerita Jasa BJ Habibie yang Jadikannya Pilot Wanita Pertama RI Pilot Pertama RI Kapten Esther Gayatri (Eva/detikcom)
Jakarta - Pilot perempuan pertama Indonesia Kapten Esther Gayatri mengenang sosok Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Ia mengatakan BJ Habibie lah yang menerimanya sebagai pilot perempuan pertama.

"Jadi pada saat saya pulang dari Amerika tahun 1984 Indonesia belum ada pilot wanita, jadi saya ditolak di mana-mana beliaulah yang menerima saya di PT Nurtanio," ujar Esther setelah melayat ke rumah duka BJ Habibie, Jl Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Esther mengatakan surat tanda dia diterima sebagai pilot pun masih disimpannya hingga sekarang. Ia juga sempat diizinkan untuk menjadi kopilot pesawat N-250 Gatot Kaca rancangan BJ Habibie.


"Beliau seorang visioner, surat keputusan itu saya masih simpan, di situ tertulis bahwa Esther diterima di posisi tes pilot di Nurtanio, padahal itu saya masih baru. Little that I know I am now as he was telling 34 years ago. Jadi dia visioner. Saya sangat bertema kasih. I think God blessed him," ucapnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com