detikNews
Kamis 12 September 2019, 10:37 WIB

Erick Thohir Kenang Pesan BJ Habibie soal Godaan Jabatan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Erick Thohir Kenang Pesan BJ Habibie soal Godaan Jabatan Erick Thohir (Farih Maulana Sidik/detikom)
Jakarta - Erick Thohir berduka atas meninggalnya BJ Habibie. Mantan ketua tim sukses Jokowi-Ma'ruf Amin itu terkenang atas pesan Habibie untuknya.

"Pesan beliau selalu kepada saya bagaimana kita itu sebagai manusia selalu ada godaan dan itu yang harus kita jaga. Apalagi ketika kita menjabat sebagai mohon maaf, kepentingan atau sebuah tempat, mohon maaf, nah itu yang kadang-kadang buat kita lupa," ungkap Erick di rumah duka BJ Habibie, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).


Erick pun memuji sosok Habibie. Presiden RI ke-3 itu disebut menjadi panutannya.

"Nah itu saya rasa apa yang beliau sudah contohkan bagaimana seorang pemimpin harus bersih, bagaimana memimpin harus sayang kepada keluarga. Dan itulah panutan yang saya rasa luar biasa," tutur Erick.

Erick mengaku punya hubungan emosional yang dekat dengan Habibie. "Secara pribadi saya punya hubungan emosional yang kebetulan media beliau juga waktu itu sempat dititipkan ke saya dan insyaallah kita jaga," tuturnya.



Tak hanya itu, Erick pun terkenang oleh peran Habibie bagi bangsa Indonesia. Ia menyebut Habibie sebagai putra terbaik bangsa, terutama dalam bidang pers. Habibie-lah yang memperjuangkan kebebasan pers di Indonesia.

"Beliau adalah bapak kebebasan pers. Selain itu, kalau kita lihat dari track record beliau juga, beliau kita bisa bilang bapak inovasi teknologi Indonesia yang hari ini kita lihat persaingan teknologi menjadi kunci daripada pengembangan sebuah bangsa," sebut Erick.


Menurutnya, generasi muda harus menjadikan Habibie sebagai inspirasi di dunia pengetahuan dan teknologi. Erick menyebut generasi muda harus meneruskan perjuangan bapak teknologi Indonesia tersebut.

"Kalau kita tidak mengenal teknologi dan sains kita akan tertinggal apalagi dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar hanya akan jadi market, dan inilah yang harus terus kita jaga," sebutnya.

Jenazah BJ Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata siang ini. Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara.
(elz/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com