detikNews
2019/09/12 09:31:54 WIB

Nama Bj Habibie akan Diabadikan Jadi Gedung di FTI UMI Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Halaman 1 dari 2
Nama Bj Habibie akan Diabadikan Jadi Gedung di FTI UMI Makassar Bj Habibie (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Makassar - Kepergian almarhum Prof Baharuddin Jusuf Habibie meninggalkan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Khususnya bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar.

Almarhum Habibie diketahui penggagas pendirian Fakultas Teknologi Industri 33 tahun lalu di kampus swasta tertua di bagian timur Indonesia.

Dekan FTI UMI Dr Zakir Sabhara yang dihubungi detikcom menuturkan, di tahun 1986, Habibie yang kala itu menjabat Menristek sekaligus Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengunjungi kampus 2 UMI di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar. Habibie meminta UMI mendirikan Fakultas Teknologi Industri untuk menyongsong era industrialisasi.



"Pak Habibie meminta pada Rektor UMI kala itu Prof Abdurrahman Basalamah dan Prof Mansyur Ramli sebagai ketua tim pembentukan FTI, untuk pendirian Fakultas Teknologi Industri, untuk melahirkan SDM unggul di bidang teknologi dan industri terapan," ujar Zakir saat diwawancara detikcom, Kamis (12/9/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com