detikNews
2019/09/12 07:32:32 WIB

BJ Habibie di Detik-detik yang Menentukan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 7
BJ Habibie di Detik-detik yang Menentukan BJ Habibie (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - BJ Habibie telah meninggal dunia. Pahit manis cerita perjalanan hidup Presiden ke-3 RI yang penuh kesan ini terabadikan dalam banyak buku. Salah satunya dalam sebuah buku berjudul 'Detik-detik Yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi', karya BJ Habibie sendiri.

Dalam buku ini, BJ Habibie mengisahkan tentang transisi pemerintahan dari Orde Baru menuju Orde Reformasi. Kisah berawal dari krisis multidimensi yang melanda bangsa Indonesia pada 1997-1998. Krisis memicu pergantian kepemimpinan. Presiden Soeharto yang telah memimpin Indonesia selama 32 tahun menyerahkan tampuk kekuasaan kepada wakilnya BJ Habibie.



Seperti dikutip detikcom, Kamis (11/9/2019), pemerintahan Orde Baru sudah mulai menampakkan kekurangannya sejak masuk dasawarsa 1990-an. Pemerintah yang terlalu sentralistik serta munculnya korupsi, kolusi dan nepotisme menuai sorotan tajam dari masyarakat.

Namun pemerintah bergeming. Kritik dari sejumlah pihak terhadap kinerja pemerintah Orde Baru dianggap angin lalu.

Sampai akhirnya Indonesia mengalami krisis monoter. Krisis menyebabkan sistem perbankan di Indonesia tak berjalan dengan baik dalam rentang waktu yang cukup lama.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com