detikNews
Kamis 12 September 2019, 07:16 WIB

Pejabat Kemenpora Hadapi Vonis Suap Dana Hibah Hari Ini

Zunita Putri - detikNews
Pejabat Kemenpora Hadapi Vonis Suap Dana Hibah Hari Ini Foto: Ari Saputra
Jakarta - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana, hari ini menjalani sidang putusan terkait suap dana hibah KONI. Sidang putusan ini digelar di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat.

"Iya betul hari ini Prof Mulyana, Pak Adi dan Pak Eko sidang putusan," kata pengacara Mulyana, Sugiyono, kepada wartawan, Kamis (12/9/2019).

Selain Mulyana, staf Kemenpora Adhi Purnomo dan Eko Triyanta menghadapi vonis hari ini. Mereka menjalani vonis kasus suap hibah Kemenpora juga.

Sugiyono berharap majelis hakim pada Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta mempertimbangkan keterangan Mulyana. Dia meminta hakim mempertimbangkan fakta Mulyana tak menerima uang suap.


"Harapan kami, majelis mempertimbangkan fakta bahwa Prof Mulyana tidak pernah meminta, bahkan menolak walaupun akhirnya karena desakan," katanya.

Dia mengatakan segala gratifikasi yang diberikan Mulyana, sudah diserahkan kembali ke KPK. Dia juga meminta hakim mempertimbangkan sikap kooperatif kliennya dan memutus hukuman ringan.

"Gratifikasi berupa uang diterima, namun dengan kesadaran sendiri diserahkan kembali ke KPK, beliau juga telah berterus terang dan kooperatif, sehingga mohon pidana yang seringan-ringannya," ucapnya.


Sebelumnya, Mulyana dituntut oleh jaksa KPK dengan hukuman 7 tahun penjara, denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan. Sementara, Adhi dan Eko dituntut 5 tahun penjara, denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan.

Mulyana diyakini jaksa bersalah menerima suap dari eks Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy. Adhi dan Eko diyakini jaksa bersalah menerima suap Rp 215 juta dari Ending Fuad Hamidy. Perbuatan pemberian suap yang dilakukan Hamidy bersama-sama dengan eks Bendahara KONI Johny E Awuy.


Simak Video "4 Saksi Dihadirkan di Sidang Lanjutan Dana Hibah Kemenpora"

[Gambas:Video 20detik]


(zap/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com