detikNews
Kamis 12 September 2019, 06:29 WIB

Pagi Hari, Karangan Bunga Berjejeran di Rumah Duka BJ Habibie

Isal Mawardi - detikNews
Pagi Hari, Karangan Bunga Berjejeran di Rumah Duka BJ Habibie Karangan bunga duka cita di sekitar rumah duka BJ Habibie. (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Presiden RI ke-3 BJ Habibie meninggal dunia. Karangan bunga terus berdatangan di rumah duka BJ Habibie.

Pantauan detikcom, ratusan karangan bunga berjejer di sekitar rumah duka BJ Habibie, Jalan Patra Kuningan VIII, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).



Karangan bunga itu tertata rapi di Jalan Taman Patra Kuningan, Jalan Patra Kuningan 14, Jalan Patra Kuningan XV, hingga Jalan Patra Kuningan Utara.

Mobil mini truk yang mengangkut karangan bunga terlihat di sekitar rumah duka. Tampak sejumlah pria menurunkan karangan bunga dari truk dan menatanya di sekitar kediaman BJ Habibie.

Tampak sejumlah karangan bunga kiriman dari para pejabat negeri, di antaranya Gubernur Jawa Timur Khofifah, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sejumlah pelayat terus berdatangan. Awak media dan petugas keamanan tampak stand by di lokasi.

BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 18.05 WIB. Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menyatakan jantung sang ayah akhirnya menyerah.



"Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan," kata Thareq di RSPAD, Rabu (11/9).

Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9), tepat di sebelah makam sang istri, Ainun Habibie. Upacara pemakaman akan dipimpin Presiden Jokowi.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat dan lembaga kenegaraan mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari sebagai penanda hari berkabung nasional.


Pagi Hari, Karangan Bunga Berjejeran di Rumah Duka BJ HabibieKarangan bunga duka cita di sekitar rumah duka BJ Habibie. (Isal Mawardi/detikcom)


Simak Video "Monumen Cinta Habibie Ainun di Parepare Dipadati Warga"

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com