detikNews
Kamis 12 September 2019, 04:03 WIB

Dianiaya 11 Orang, Petani di Karo Tewas dengan Luka Bacok di Kepala

Budi Warsito - detikNews
Dianiaya 11 Orang, Petani di Karo Tewas dengan Luka Bacok di Kepala Foto: Para pelaku pembunuhan petani di Karo. (Dok Istimewa)
Karo - 11 Orang diamankan personel Polsek Mardinding, Polres Karo karena melakukan penganiayaan. Korbannya adalah Batas Ukur Karo-karo (50) seorang petani warga Dusun Paya Mbelang, Desa Mbal-mbal Petarum, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut).

Korban tewas karena mengalami luka bacok cukup parah dibagian kepala dan dan tubuhnya. "Peristiwa itu bermula saat pelaku Saifan dan orang-orangya melakukan pengukuran di lahan garapan yang dikelola korban," ujar Kapolres Karo AKBP Benny R Hutajulu, ditemui Rabu (11/9/2019) malam.



Kejadian, lanjut AKBP Benny R Hutajulu terjadi pada Rabu (11/9) sekitar pukul 11.00WIB. Saat itu, korban menghampiri Saifan Ginting (35) yang melakukan pengukuran tanah. Korban mempertanyakan soal pengukuran tanah garapannya.

Diduga tidak terima dengan teguran korban, Saifan Ginting bersama rekannya melakukan penganiayaan. "Penganiayaan dilakukan dengan senjata tajam jenis parang. Kelompok Saifan Ginting ingin merampas tanah garapan milik korban," bebernya.

"Kelompok dari Saifan Ginting datang ke Lokasi tanah garapan atas inisiatif dari PP yang kini (DPO) untuk dikuasai," tandasnya

Peristiwa itu pun dilaporkan kepada pihak kepolisian. Kemudian dilakukan pengejaran oleh personel Polsek Mardinding.

AKP Putra Jani Purba Kasat Reskrim Polres Karo menambahkan, penangkapan dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP L Marpaung. Mereka mendatangi TKP dan melakukan penyetopan mobil Avanza warna Biru BK 1857 ID dan Mobil Xenia Warna Putih BK 1271 DT.



"Dua kendaraan itu, digunakan para pelaku untuk melarikan diri. Setelah tertangkap, 11 tersangka dan barang bukti diboyong ke Polsek Mardinding," katanya.

Dari tangan para pelaku, diamankan 10 senjata tajam jenis parang / pedang, 1 buah sarung pisau, 1 buah meteran, 1 unit Mobil Avanza Warna Biru BK 1857 ID, 1 unit Mobil Xenia warna Putih BK 1271 DT.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com