detikNews
2019/09/12 01:33:21 WIB

Capim KPK Nyoman Wara 'Patahkan' Gugatan soal Audit BLBI

Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 3
Capim KPK Nyoman Wara Patahkan Gugatan soal Audit BLBI I Nyoman Wara (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Capim KPK I Nyoman Wara menjawab gugatan Sjamsul Nursalim terkait dengan audit BLBI di hadapan Komisi III DPR dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Nyoman memastikan audit BLBI dilakukan dengan mengacu pada standar pemeriksaan.

"Betul adanya, Pak. Saat ini memang saya pribadi dan juga BPK digugat oleh Sjamsul Nursalim terkait dengan hasil perhitungan kerugian negara yang dilakukan BPK pada tahun tahun 2017. Mungkin tidak hanya itu, mungkin dilaporkan kode etik dan sebagainya," kata Nyoman di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

"Yang kami bisa pastikan, yang kami bisa usahakan adalah kami berusaha bekerja sesuai dengan standar pemeriksaan karena memang kualitas kami itu diukur dari kepatuhan kami terhadap standar pemeriksaan," imbuhnya.

Nyoman mengaku audit investigasi BLBI yang dilakukan pada 2017 lalu sudah diperiksa kembali secara internal BPK. Bahkan, menurutnya, audit tersebut juga diperiksa oleh BPK negara sahabat.


"Saat itu, saat ini BPK di-review BPK-nya Polandia dan hasil dari BPK-nya Polandia, dibantu Estonia dan Norwegia. Hasil review dari BPK Polandia, BPK Polandia menyatakan bahwa pelaksanaan audit investigasi di BPK itu sudah memenuhi kualifikasi sebagai high quality investigative audit di BPK," jelasnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com