detikNews
Rabu 11 September 2019, 21:29 WIB

Airlangga Kenang Sosok BJ Habibie: Pelopor Teknopol yang Menginspirasi

Tsarina Maharani - detikNews
Airlangga Kenang Sosok BJ Habibie: Pelopor Teknopol yang Menginspirasi Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (Andhika/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto berbelangsungkawa atas wafatnya presiden ke-3 RI BJ Habibie, yang juga senior di partai berlambang pohon beringin itu. Ia menyebut Habibie sebagai aset pemikiran Partai Golkar.

"Partai Golkar senantiasa akan mengenang sosok kader senior Bapak BJ Habibie sebagai salah satu aset pemikiran Partai Golkar. Ke depan, saya harapkan seluruh kader Partai Golkar dapat meneruskan teladan beliau," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Rabu (11/9/2019).

Ia mengatakan Indonesia sangat kehilangan Habibie. Airlangga juga mengenang sosok Habibie sebagai teknokrat sekaligus politikus yang mampu menginspirasi orang banyak.

"Beliau adalah salah satu teknokrat yang paham politik. Salah satu pelopor teknopol, teknologi politik yang menginspirasi para politisi, termasuk tentu kader Partai Golkar, teknolog, para pendukung kebijakan hilirisasi/nilai tambah manufaktur, para insinyur Indonesia," ujarnya.



Airlangga pun mengatakan nilai-nilai pendekatan teknologi Habibie dalam membangun negara tak akan lekang oleh waktu. Ia menyinggung soal kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mampu mengimplementasikan nilai-nilai itu.

"Pendekatan teknologi untuk kesejahteraan merupakan filosofi yang relevan untuk terus dilanjutkan. Bapak Presiden Jokowi-lah yang mampu mengimplementasikan di periode pertama pemerintahannya dengan pembangunan infrastruktur, hilirisasi mineral, serta difasilitasinya merek nasional dalam berbagai produk manufaktur nasional. Ekosistem teknologi dibangun seperti digital ekosistem, revolusi industri 4.0," kata Airlangga.

BJ Habibie tutup usia dalam usia 83 tahun. Sebelum meninggal, BJ Habibie sempat dirawat selama sekitar satu pekan di RSPAD Gatot Soebroto.

Jenazahnya akan dimakamkan besok, Kamis (12/9), di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, tepatnya di sebelah makam sang istri, Hasri Ainun Besari. Presiden Jokowi akan memimpin upacara pemakaman bapak teknologi Indonesia tersebut.
(tsa/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com