detikNews
2019/09/11 21:13:28 WIB

Bukan Soal Sipil-Militer, Ini Kriteria yang Dinilai Perlu Dimiliki Menhan

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bukan Soal Sipil-Militer, Ini Kriteria yang Dinilai Perlu Dimiliki Menhan Foto: Ilustrator Zaki Alfarabi
Jakarta - Penentuan kandidat menteri pertahanan (menhan) dinilai seharusnya bukan berdasarkan latar belakang militer atau sipil. Yang terpenting, sosok ideal itu punya pengalaman dan profesional.

Isu pertahanan dinilai sebagai isu vital yang menuntut kepakaran. Pengalaman juga dibutuhkan di ranah ini, sehingga kursi Menhan dinilai tak cocok buat kaum milenial, golongan yang belakangan digadang-gadang untuk menduduki posisi menteri.

"Sosok senior lebih bagus. Menyangkut kedaulatan negara dan isu pertahanan, diperlukan sosok berpengalaman. Posisi Menteri Pertahanan bukan tempat belajar tapi tempat mengambil kebijakan," kata pengamat ketahanan nasional dan intelijen, Stepi Anriani saat berbincang, Rabu (11/9/2019).



Meski sosok senior lebih baik menempati posisi Menhan, namun sosok senior tersebut idealnya bukan orang yang antikritik. Menhan ke depan perlu berpikiran terbuka, tak hanya menerima saran dari orang terdekat atau politikus tertentu saja, melainkan harus bersedia membuka telinga ke arah akademisi. Tak masalah apakah Menhan nantinya orang parpol atau non-parpol.

"Seandainya ada profesional itu lebih bagus, bisa lepas dari kepentingan parpol. Kalau seandainya dari parpol, harus setop dari kegiatan parpolnya. Karena ini sudah bicara soal hidup matinya negara ini. Parpol dan nonparpol tidak masalah. yang penting profesional," kata Anri yang menyabet gelar Master dari Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional Kekhususan Kajian Stratejik Intelijen Universitas Indonesia (UI) ini.



Tak masalah sosok itu berlatar belakang militer atau sipil. "Tidak masalah dia berlatar belakang sipil, militer, akademisi. Yang penting dia paham soal ancaman ke depan," ungkapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com